Pastikan Pengurusan Akte Kelar 1 Hari

TANJUNG REDEB – Tak sedikit masyarakat menganggap pembuatan akte di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) terlalu birokrasi. Sehingga tak jarang, masyarakat harus berulang-ulang pergi ke Disdukcapil hanya untuk mengurus.

Terkait hal itu, Kepala Disdukcapil Berau, Fredy Suryadie mengatakan, jika saat ini segala pengurusan akte tidak lagi harus bolak-balik ke Disdukcapil. Pengurusan sendiri biasa ditunggu di dinas dan langsung kelar.

"Sekarang tidak ada lagi yang harus berhari-hari, tapi bisa langsung jadi hari itu juga," ungkapnya kepada beraunews.com, Selasa (2/11/2016).

Fredy menambahkan, yang jelas jika segala persyaratan lengkap dan mengurus sendiri dipastikan bisa segera diselesaikan pembuatan aktenya. Dan diharapkan, tidak meminta pertolongan orang lain dalam kepengurusan ini.

"Kalau urus sendiri dan syarat yang ditentukan dilengkapi, kami pastikan bisa ditunggu dan langsung kita keluarkan aktenya," tambahnya.

Selain itu, Fredy menjelaskan, jika dalam pengurusan itu tidak dipungut biaya apapun atau gratis. Jika memang ada oknum yang meminta sejumlah uang bisa segera diinformasikan ke dirinya selaku kepala dinas.

"Yang penting harus diketahui bahwa pengurusan ini gratis. Jika ada yang meminta biaya laporkan dengan saya," bebernya.

 

Fredy berharap, masyarakat bisa segera mengurus akte apa saja yang belum diurus untuk kelengkapan kependudukan. Hal ini demi memudahkan segala urusan administrasi kependudukan masyarakat sendiri.

"Yang belum mengurus silahkan seger mengurus, semuanya gratis tanpa ada pungutan biaya," pungkasnya.(Dedy Warseto)