Tingkatkan Pelayanan, DPRD Berharap Berau Dapat Ikuti Sidoarjo M-Bonk

 

TANJUNG REDEB – Banyaknya jalan rusak dan berlubang yang menghantui pengguna jalan di Kota Sidoarjo, Jawa Timur, melalui program 'Sidoarjo Peduli Jalan' membuat pemerintah setempat berinisiatif meluncurkan aplikasi berbasis internet, M-Bonk.

Aplikasi tersebut dirancang agar masyarakat dapat berpartisipasi melaporkan kondisi serta lokasi jalan dimana saja yang butuh penanganan hingga perbaikan. Hal itu dilakukan mengingat tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi akibat lubang di jalan yang seringkali membuat pengendara terjatuh hingga bertabrakan saat menghindari lubang.

Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya'diah bersama Komisi III, yang melakukan konsultasi ke Sidoarjo, terkait permasalahan jalan, berharap apa yang telah dilakukan Sidoarjo dapat dilakukan pula di Berau dalam rangka meningkatkan infrastruktur dan layanan masyarakat melalui teknologi lebih baik.

"Hasil yang didapat dari konsultasi tersebut, Pemkab Sidoarjo telah mengambil langkah tepat dengan melaunching aplikasi M-Bonk agar warga dapat berpartisipasi melaporkan kondisi dan lokasi jalan yang perlu perbaikan. Sehingga jalan tetap terpelihara dengan baik dan kecelakaan pun dapat terhindarkan," ungkap Sari (sapaan akrab Ketua DPRD) kepada beraunews.com, Jumat (21/10/2016).

 

Dari hasil konsultasi tersebut, rencananya Komisi III akan melakukan sharing ke Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Berau, agar melakukan penjajakan terkait aplikasi tersebut. Selain dapat membantu pemerintah dan menerima pengaduan masyarakat terkait jalanan yang rusak, anggaran yang digunakan untuk meluncurkan aplikasi tersebut tidak begitu besar.

"Kita perlu adanya kerjasama yang simultan antara warga dan pemerintah untuk mewujudkan kota yang lebih nyaman dengan fasilitas yang baik, tidak bisa hanya bertumpu pada pemerintah saja," tambahnya.

Lebih dari sekadar menerima aduan jalan rusak, pengembangan aplikasi tersebut di Berau juga akan mengcover layanan pengaduan keributan, penerangan jalan, perbaikan taman, dan layanan umum lainnya.

"Semoga Berau dapat mengikuti langkah positif ini kedepannya. Selain mudah, juga sangat bermanfaat untuk kemajuan Berau," tandasnya.(Marta)