Tahun Ini, Dispertan Buka Percetakan Sawah 350 Hektar

 

TANJUNG REDEB – Pemkab Berau melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan (Dispertan), terus berupaya agar pertanian dapat terus meningkat. Salah satu strateginya, memperluas lahan pertanian bidang persawahan, tanaman jagung, dan komoditas unggulan lainnya.

Kepala Dispertan Berau, Ilyas Natsir mengatakan, saat ini sudah ada penambahan sekitar 350 hektar percetakan lahan sawah yang tersebar di sejumlah wilayah.

“Untuk tahun ini, sedang berlangsung di Segah, Tumbit Dayak, dan Merancang Ilir. Sementara tahun depan, ada program kita sekitar 550 hektar lebih percetakan sawah yang juga terbagi di berbagai wilayah,” ungkapnya kepada beraunews.com, Kamis (20/10/2016).

Menurutnya, pertanian jenis padi sawah hingga saat ini masih terbilang konsisten. Berbeda dengan pertanian jenis padi ladang atau padi gunung, dimana banyak petani kerap mengalami kendala saat hendak bercocok tanam. Seperti kekeringan, dan kesulitan membuka lahan. Dengan kondisi tersebut, Ilyas mengatakan, pertanian padi ladang tahun ini, dipastikan menyusut tajam.

“Kalau ladang (padi-red) tahun ini memang menurun,” bebernya.

BACA JUGA : Bantu Swasembada Pangan, Dandim Tanam Perdana Padi Di Lahan 50 Hektar

Guna meningkatkan potensi pertanian semakin berkembang, pihaknya terus berupaya semaksimal mungkin mewujudkan kedaulatan pangan. Dalam mendukung program tersebut, pihaknya juga telah mengusulkan bantuan bibit pertanian melalui APBN.

“2017 nanti kita tetap usulkan jagung dari APBN untuk lahan seluas 7 ribu hektar, kemudian padi untuk lahan seluas 3 ribu hektar. Kita terus berupaya agar pertanian di Berau dapat lebih berkembang, dan ketahanan pangan dapat kita wujudkan,” tandasnya.(Hendra Irawan)