Masuk Triwulan IV, Dishubkominfo Genjot PAD Melalui Retribusi Parkir

 

TANJUNG REDEB – Guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi daerah, Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Berau melaksanakan giat retribusi parkir selama 4 hari, mulai Selasa (11/10/2016) hingga Rabu (12/10/2016) minggu lalu dan Selasa (18/10/2016) hingga Rabu (19/10/2016) hari ini.

Giat itu, dikatakan Kepala Dishubkominfo Berau, Abdurrahman U, sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 20/2011 tentang Retribusi Parkir Kendaraan Berlangganan Di Tepi Jalan. Selain untuk meningkatkan PAD, giat ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran para pemilik kendaraan untuk taat dan tepat waktu dalam membayar retribusi parkir.

 

Dishubkominfo bekerja sama dengan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Satlantas Polres Berau, serta Danpom merazia setiap pengemudi dan memeriksa kelengkapan kendaraannya. Giat ini difokuskan di Lapangan Pemuda, Jalan Pemuda.

“Kegiatan ini berlangsung selama dua hari,” ungkapnya, Selasa (18/10/2016) kemarin.

Terkait target PAD dari retribusi parkir kendaraan berlangganan di tepi jalan itu, diungkap Abdurahman, pihaknya menargetkan PAD sebesar Rp487 juta. Memasuki triwulan IV ini, diharapkannya, hal itu dapat tercapai selama kurun waktu dua bulan ini.

“Target kita Rp487 juta, nah ini baru terkumpul sekitar 60 persen sehingga kami menggelar razia ini, bekerja sama dengan instansi terkait,” ungkapnya.

 

Para pemilik kendaraan, ditambah Abdurrahman, sebenarnya dapat secara langsung melakukan pembayaran akan retribusi parkir kendaraan itu melalui Samsat terdekat. Namun, untuk memberikan sedikit kemudahan kepada masyarakat yang tidak memiliki waktu luang, dinilai Abdurrahman, melakukan razia ialah langka yang paling efektif dalam upaya meningkatkan PAD tersebut.

“Untuk itu, kita adakan razia secara langsung ditempat,” pungkasnya.(Andi Sawega)