Terminal Rinding Dikelola Pemprov Kaltim, Ini Kata Kadishub Berau

 

TANJUNG REDEB – Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Salman Lumoindong pada Seminar Sehari Hari Perhubungan Nasional terkait Lalulintas Angkutan Jalan di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (13/10/2016) lalu mengatakan, sebanyak enam unit terminal tipe B di kabupaten dan kota, termasuk di Berau segera dilimpahkan ke Pemprov Kaltim sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Berau, Abdurrahman U saat dikonfirmasi beraunews.com, Selasa (18/10/2016) kemarin. 

Dikatakan Abdurrahman, dalam UU Nomor 23/2014 itu, kewenangan terminal tipe A berada di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), begitu juga terminal tipe B memang sudah menjadi kewenangan Pemprov melalui Dishub, termasuk terminal tipe B Rinding. Sementara kewenangan pemerintah kabupaten/kota (Pemkab/Pemkot) ialah terminal tipe C.

“Dulu kita ada terminal tipe C beroperasi, tapi sekarang kan sudah tidak lagi. Kemudian, lokasinya yang ada, itu sudah dibangunkan untuk gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Berau-red),” jelasnya disela-sela giat di Lapangan Pemuda, Jalan Pemuda bersama Satlantas Polres Berau.

BACA JUGA : Enam Terminal Tipe B Dikelola Provinsi, Termasuk Berau

Bahkan, proses pengalihan kewenangan pengelolaan terminal itu, ditambah Abdurrahman, sebenarnya telah dilakukan sejak awal tahun 2015 lalu. Dimana, pihaknya telah menyerahkan data-data terkait Personel Sarana Prasarana Pendanaan dan Dokumen (P3D) terminal tipe B Rinding kepada Dishub Kaltim.

“Data-data sudah kita kirim semua ke provinsi, termasuk, personil, pembiayaan, serta aset-aset yang ada disana. Sudah kita sampaikan dan ini masih dalam proses,” tambahnya.

 

Namun, usai pengalihan kewenangan itu, dinilai Abdurrahman, pengelolaan terminal tipe B Rinding akan tetap dilakukan oleh Dishub Berau. Sebab, hingga saat ini masih terjadi tarik ulur kebijakan, khususnya menyangkut pengalihan status pegawai atau tenaga pengelola terminal tipe B Rinding yang selama ini masih menjadi tanggungan Pemkab Berau.

“Kita melihat nanti proses pengalihan kewenangan ini. Apakah pegawai-pegawai kita ini dipindahkan statusnya ke provinsi, apakah hanya P3D atau aset-asetnya saja. Kita belum tahu karena ini masih dalam proses,” bebernya.

Selain dikelola oleh PNS dari Dishubkominfo Berau, disampaikan Abdurrahman, terminal tipe B Rinding juga mempekerjaankan beberapa Pegawai Tidak Tetap (PTT) atau tenaga honorer. Jika dalam proses pengalihan kewenangan ini, hanya PNS yang ditarik menjadi pegawai Dishub Kaltim, dikhawatirkan Abdurrahman, hal ini malah membuat terminal tipe B Rinding tidak dapat melayani masyarakat dengan baik.

“Kalau mereka mau mengelola semua, ya kita serahkan sepenuhnya. Tapi, yang jelas semua P3D sudah kita serahkan semua ke provinsi,” ucapnya.

BACA JUGA : Terminal Rinding Bangun Dari Tidur Panjang

Oleh karena itu, dikatakan Abdurrahman, pihaknya sudah tidak menganggarkan biaya operasional pengelolaan terminal tipe B Rinding di APBD Kabupaten Berau. Tim P3D Dishub Kaltim pun telah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Berau pada pertengahan tahun 2015 lalu, guna mengambil data langsung di lapangan terkait P3D terminal tipe B Rinding, begitu juga verifikasi ulang.

“Tidak masuk lagi, sudah masuk ke APBD provinsi. Hanya sampai saat ini masih dalam proses, kita belum tahu pasti,” pungkasnya.(Andi Sawega)