Perekaman E-KTP Warga Domisili Luar Berau Belum Dilayani Disdukcapil

 

TANJUNG REDEB – Perekaman E-KTP tidak mesti dilakukan di daerah asal seperti di Disdukcapil Berau, belum dapat dilaksanakan. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Berau, Fredy Suryadie melalui Kepala Bidang Pendaftaran Pendudukan, Hasnawati.

Hasnawati mengatakan, pihaknya belum dapat melaksanakan kebijakan Kementerian Dalam Negeri tersebut. Pasalnya, pihaknya telah mencoba melakukan perekaman E-KTP kepada warga berdomisili luar Kabupaten Berau itu, namun hal itu tidak berhasil dilakukan. Oleh karena itu, untuk saat ini pihaknya belum dapat melayani perekaman E-KTP kepada warga domisili luar Kabupaten Berau.

“Perekaman dan cetak E-KTP di luar domisili itu sudah kita coba dan upayakan, namun belum sukses untuk Kabupaten Berau,” ujarnya saat ditemui beraunews.com di ruang kerjanya, Rabu (12/10/2016).

BACA JUGA : Perekaman E-KTP Tak Mesti di Daerah Asal

Kendala ini, dikatakan Hasnawati, tidak hanya dialami Disdukcapil Berau, namun seluruh kabupaten/kota di Indonesia memang belum dapat menerapkan kebijakan perekaman E-KTP tidak mesti di daerah asal tersebut. Jika kebijakan berjalan, dicontohkan Hasnawati, memang masyarakat dari luar Kabupaten Berau dapat melakukan perekaman dan cetak E-KTP di Disdukcapil Berau dan sebaliknya.

“Kendalanya bahwa memang seluruh kabupaten/kota di Indonesia belum semuanya bisa, bukan hanya Berau. Kalau kita konsolidasi untuk mencari data di Kabupaten Berau, itu memang kita lakukan setiap hari. Tapi, kalau kita merekam dan mencetak E-KTP di luar domisili, artinya orang Samarinda direkam dan dicetak disini, itu belum bisa dan kita sudah mencoba tapi belum bisa,” katanya.

Dalam melakukan perekaman dan cetak E-KTP selama ini, dijelaskan Hasnawati, pihaknya hanya melakukan perekaman data pada penduduk yang belum melakukan perekaman. Kemudian, data penduduk itu dikirim ke pusat untuk diverifikasi berdasarkan sistem yang ada.

“Disini kita merekam terus dikirim ke pusat, diverifikasi disana. Mudah-mudahan yang akan datang, kita juga selalu berusaha untuk bisa,” jelasnya.

Terkait kendala teknis, dijelaskan Hasnawati melalui salah satu staf IT Disdukcapil, ketidakberhasilan dilakukannya perekaman dan cetak E-KTP kepada warga domisili luar Berau karena belum dibukanya database server E-KTP kabupaten/kota se- Indonesia oleh Kemendagri.

“Sementara belum dibuka untuk itu, jadi untuk regional atau lokal. Misalnya, Berau baru bisa mengakes Berau saja dan Samarinda juga sama,” pungkasnya.(Andi Sawega)