Masuki Triwulan III, 5 Kampung Belum Juga Cairkan ADK Tahap I

 

TANJUNG REDEB – Memasuki triwulan III tahun anggaran 2016, tercatat masih ada 5 kampung yang belum menerima kucuran pencairan Alokasi Dana Kampung (ADK) tahap I. Kelima kampung tersebut tak mendapat kucuran dana lantaran belum menyelesaikan proses verifikasi persyaratan pencairan ADK, mulai tingkat kecamatan hingga kabupaten.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung (BPMPK) Berau, Datu Kesuma melalui Kepala Bidang Pemerintahan Kampung, Sudirman mengatakan, berdasarkan data yang terhitung sejak tanggal 6 Oktober 2016 lalu, sebanyak 95 kampung dari 100 kampung di Kabupaten Berau atau sekitar 95 persen telah melakukan pencairan ADK tahap I. Sisanya masih dalam proses verifikasi persyaratan pencairan ADK di tingkat kecamatan.

“Dari 5 kampung ini, kemarin sudah kami coba ambil kebijakan dan rapatkan dengan tim verifikasi kabupaten dan tim kecamatan termasuk kepala kampung untuk percepatan penyaluran alokasi dana kampung,” katanya.

Ke- 5 kampung itu tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Berau, antara lain, Kampung Merapun di Kecamatan Kelay, Kampung Bena Baru di Kecamatan Sambaliung, Kampung Tumbit Melayu di Kecamatan Teluk Bayur, Kampung Teluk Alulu di Kecamatan Maratua dan Kampung Balikukup di Kecamatan Batu Putih.

BACA JUGA : 10 Kampung Belum Cairkan ADK Tahap I

“Semua cuma proses, ada yang pergantian BPK, ada pergantian kepala kampung, terus ada pergantian Pj Kepala Kampung dan lain-lain. Itu yang jadi agak menghambat kemarin, tapi kita dorong melalui tim di kecamatan untuk percepatan penyaluran terutama alokasi dana kampung yang 2016 ini,” tambah Sudirman.

Dijelaskan Sudirman, sebanyak 39 kampung atau sebesar 39 persen juga telah melakukan pencairan ADK tahap II. Salah satunya, yakni Kampung Gurimbang, Kecamatan Sambaliung dan Kampung Tepian Buah, Kecamatan Segah yang juga mengikuti lomba Desa Kaltim 2016.

“Yang tahap II-nya sudah 39 persen dan lainnya itu sudah banyak tapi masih dalam proses verifikasi di kecamatan, sesuai dengan Peraturan Bupati kita,” jelasnya.

BACA JUGA : 13 Kampung Sudah Cairkan ADK Tahap II

Dalam waktu dekat ini, diyakini Sudirman, persentasi jumlah kampung yang telah mencairkan ADK tahap II pun akan terus bertambah. Mengingat, proses verifikasi persyaratan pencairan ADK di tingkat kecamatan terus berjalan.

“Dalam minggu ini, kemungkinan sudah mulai banyak, sudah kita (proses-red). Alokasi dana kampung inikan kalau sesuai dengan peraturan kita, cukup 50 persen dari realisasi, maka sudah bisa,” pungkasnya.(Andi Sawega)