BLH Kunjungi Sekolah Di Pesisir Selatan Berau

 

BATU PUTIH – Senin (3/10/2016) lalu, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Berau kembali menggelar penyuluhan peran serta masyarakat dalam pengendalian lingkungan hidup. Kali ini kegiatan tersebut digelar di SDN 005 Batu Putih yang berlokasi di Kampung Kayu Indah, dan SMPN 007 Berau yang ada di Kecamatan Biduk-Biduk, Kampung Biduk-Biduk.

Kepala Bidang Informasi BLH Berau, Junaidi yang juga ikut serta dalam kegiatan tersebut menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilakukan pihaknya sejak tahun 2010 lalu dalam rangka program adiwiyata untuk SD, SMP, dan SMA sederajat.

"Tim adiwiyata memberikan penyuluhan atau sosialisasi peran serta masyarakat dalam pengendalian lingkungan hidup. Dengan programnya pembinaan adiwiyata, bank sampah, praktek pengolahan kompos takakura kepada seluruh siswa dan pihak sekolah," ungkap Junaidi saat dihubungi beraunews.com, Rabu (5/10/2016).

 

Tujuan dilakukannya penyuluhan tersebut untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga lingkungan kepada anak sedini mungkin, serta membentuk karakter anak.

Hal itu dianggap perlu, karena saat ini kesadaran terkait menjaga lingkungan hidup khususnya pengelolaan sampah sudah sangat kurang. Sehingga, lanjut dia, salah satu cara guna kembali menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan dengan melakukan sosialisasi kepada anak yang kini duduk di bangku sekolah baik, SD, SMP, SMA Sederajat.

"Dalam kegiatan itu, kita juga mengajarkan bagaimana cara memanfaatkan sampah dengan sistem 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle). Disamping itu kita juga mendorong pembentukan bank sampah di sekolah-sekolah, kecamatan, dan kampung," bebernya.

Dengan begitu, pihaknya berharap masyarakat kedepannya sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan hidup untuk masa depan.

"Kita ingin masyarakat ikut serta dalam menjaga lingkungan hidup. Harapanya, melalui pembelajaran yang terintegrasi dengan lingkungan dapat membentuk karakter anak untuk menjaga lingkungan di sekolahnya masing-masing," pungkasnya.(Hendra Irawan)