Tagih Janji Dispora Bangun Sport Centre

 

TALISAYAN – Mendukung bakat masyarakat di bidang olahraga memang diperlukan fasilitas yang baik dan representatif. Namun saat ini, hampir disetiap bidang olahraga tidak memiliki fasilitas lengkap.

Seperti yang diungkapkan Kepala Kampung Talisayan, Yamsir. Ia mengatakan, fasilitas olahraga sangat penting untuk mendukung pengembangan bakat putra daerah. Terkait soal fasilitas, pada tahun 2013 lalu disampaikannya pernah ada rencana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) untuk membangun fasilitas sport centre di Talisayan. Hanya, hal itu dikatakannya belum ada kabar lebih lanjut.

"Ia memang sempat ada rencana itu. Sampai saat ini rencana itu tidak terdengar lagi. Kita ingin rencana itu dapat benar-benar terealisasi," ungkapnya saat dihubungi beraunews.com. Selasa (4/10/2016).

Dijelaskannya, Kecamatan Talisayan sangat cocok dan layak untuk dibangunkan sport centre oleh pemerintah kabupaten. Pasalnya, dengan adanya sport centre secara tidak langsung dapat memajukan olahraga di wilayah pesisir selatan Berau.

Apalagi, Kecamatan Talisayan juga direncanakan menjadi ibu kota Berau Pesisir Selatan jika nantinya Daerah Otonomi Baru (DOB) sudah terbentuk. Selain itu, saat ini minat masyarakat berau, khususnya di Talisayan begitu tinggi akan olahraga, namun tidak didukung dengan fasilitas yang baik.

"Kalau dibilang layak, jelas sudah sangat layak. Ini untuk kemajuan olahraga kita juga. Jika nantinya fasilitas ini sudah ada, jelas bukan warga Talisayan saja yang bisa memanfaatkan, warga di wilayah lain juga bisa," bebernya.

Ia berharap, rencana pembangunan sport center tersebut dapat diwujudkan Pemkab Berau. Pasalnya, lahan untuk pembangunannya juga telah disiapkan pihaknya.

"Kalau lahan itu sudah kita siapkan setidaknya ada empat hektar lahan sertifikat di dua lokasi. Jadi tergantung, dimana yang strategis," pungkasnya.(Hendra Irawan)