Generasi Muda Harus Jadi Pelopor Perjuangan Bangsa

 

TANJUNG REDEB – Pemkab Berau bersama pelajar dan mahasiswa mengelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Senin (3/10/2016) di halaman Kantor Bupati. Dalam peringatan ini, Bupati Berau, Muharram menekankan arti penting peran pemuda dalam melanjutkan perjuangan bangsa.

Seluruh masyarakat diajak Bupati untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah gugur membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebab, tanpa adanya perjuangan para pahlawan, maka kemerdekaan yang saat ini dirasakan seluruh rakyat tak akan dapat dinikmati.

“Ini merupakan momen bagi kita untuk mendukung pahlawan kita,” jelas Muharram usai upacara.

 

Ia menjelaskan, Hari Kesaktian Pancasila ini masih erat kaitannya dengan Gerakan 30 September. Ia berharap, dengan adanya pengamalan Pancasila dalam hidup bernegara dan berbangsa, menjadi antisipasi untuk mencegah terjadinya pergerakan seperti itu lagi. Apalagi saat ini tantangan yang dihadapi bangsa semakin besar baik dalam dalam maupun luar.

“Kita dari pemerintah terus berupaya melalui berbagai program yang ada untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

 

Menjawab tantangan yang semakin beragam ini, pemuda harus dapat memberikan contoh bagi masyarakat luas. Menurut Muharram, pemuda seharusnya menjadi corong dalam pengamalan nilai-nilai perjuangan, sehingga pondasi yang telah ditanamkan pejuang dapat dilanjutkan. Ia juga menyoroti mengenai perpecahan pemuda yang saat ini terjadi di KNPI.

“Perbedaan ini kan merupakan dinamika, apapun organisasi yang kita pegang tapi tetap satu dalam NKRI. Kalau pemudanya kokoh dan cerdas, tentu pembangunan yang kita inginkan nantinya bisa tercapai,” pungkasnya.(M.S. Zuhrie)