Bupati Lepas Pawai Sambut Tahun Baru Islam 1438 Hijriah

 

 

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Muharram melepas ribuan pelajar dan masyarakat yang mengikuti pawai menyambut Tahun Baru Islam 1438 Hijriah di depan Masjid Agung Baitul Hikmah, Jalan APT Pranoto, Tanjung Redeb, Minggu (2/10/2016) pagi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, Ketua DPRD Berau, Syarifatul Syadiah, Sekretaris Daerah, Jonie Marhansyah, jajaran pejabat Pemkab Berau serta para undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati mengharapkan, peringatan Tahun Baru Islam kali ini bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki diri, agar lebih baik lagi kedepannya. Mengingat, umat Nabi Muhammad SAW ialah umat Allah SWT yang umurnya terendah dari semua umat yang ada dimuka bumi sebelumnya, semakin hari umur semakin bertambah dan menua.

“Mari kita jadikan momentum ini untuk memperbaiki diri agar kedepannya lebih baik lagi,” harapnya.

 

Selain itu, Bupati menilai, pawai seperti itu merupakan salah satu bentuk memperkenalkan budaya Islam ke masyarakat umum, khususnya untuk para peserta pawai yang sebagian besar berusia anak-anak dan remaja. Muharram juga mengajak para umat muslim agar memaknai tahun baru Islam ini sebagai langkah awal berhijrah dari perilaku tercela menuju sifat kebaikan.

“Saya berharap apa yang kita selenggarakan dapat bermanfaat kedepanya agar lebih lagi. Kemudian, berhijrah yang dulunya malas beribadah, menjadi orang-orang yang rajin beribadah,” pintanya.

Meski cuaca cukup panas, namun para peserta pawai yang terdiri dari para siswa dan masyarakat tetap bersemangat berpartisipasi menyambut datangnya tahun baru Islam dengan keliling Kota Tanjung Redeb berjalan kaki.

 

Peserta pawai tahun baru Islam 1438 Hijriah didominasi dengan warna serba putih. Takbir, shalawat serta seruan ajakan umat Islam untuk terus berjuang, sebagaimana yang pernah dilakukan para pemimpin umat masa lalu.

Untuk menghindari kemacetan lalu lintas, puluhan personel Satlantas Polres Berau diturunkan ke lapangan guna mengatur alur lalu lintas yang dipadati kendaraan, baik yang ingin menyaksikan pawai maupun yang kesibukan masyarakat lainnya melakukan aktivitas.

Siswa-siswi dari hampir semua sekolah mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK)/Taman Pendidikan Al-Quran (TPA), SD, SMP hingga SMA dan sederajat di Tanjung Redeb mengikuti pawai untuk menyambut datangnya tahun baru Islam 1438 Hijriah.

 

Untuk menyemarakkan acara tersebut, drum band dari bebagai sekolah juga ikut meramaikan acara tersebut. Simbol-simbol Islami juga terlihat mewarnai pawai yang mengundang perhatian masyarakat tersebut, seperti tulisan Allah SWT, Muhammad SAW, nama-nama Nabi, nama-nama wali songo, patung hewan onta sebagai simbul kendaran umat Islam di zaman para Nabi, serta ada pula peserta yang menampilkan pasangan pengantin bernuansa Islami.(Andi Sawega)