Ratusan KTP Dicetak Tahun 2015 Tak Diambil Pemiliknya

 

TANJUNG REDEB – Ratusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) yang sudah di cetak pada tahun 2015 lalu, hingga kini belum diambil pemiliknya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Berau. Padahal, ratusan E-KTP ini sudah dibuatkan secepat mungkin, agar masyarakat tidak menunggu lama.

Kepala Disdukcail Berau, Fredy Suryadie mengatakan, dengan kejadian ini, pihaknya merasa mubazir menghabiskan blanko, jika KTP yang sudah dibuatkan tak kunjung diambil pemiliknya.

“Jumlahnya sudah ratusan, tapi pastinya saya belum tahu. KTP-nya ini dulu langsung kita buatkan bagi yang sudah siap dicetak,” ungkapnya saat ditemui beraunews.com diruang kerjanya, Jum’at (30/9/2016).

Dikatakannya, untuk mengefisiensikan blanko yang ada, ia tidak lagi menerapkan sistem langsung cetak, namun menunggu pemilik KTP datang. Meski dianggap cara ini sedikit lebih lambat, namun efektif menghemat blanko yang ada.

“Sedikit lambat, tapi kita bisa hemat blanko. Kalau kita mau terapkan sistem seperti tahun 2015 bisa saja, tapi kalau banyak yang tidak ambil KTP dan blanko kita habis, akan lebih lama kita menunggu blankonya datang,” tambahnya.

Ratusan KTP ini rencananya akan dipilah dan akan diserahkan per kecamatan agar memudahkan pemilik KTP mengambil KTP-nya.

“Kami bikinkan berita acara nanti, jadi orang yang merasa jauh ke Tanjung Redeb buat mengambil KTP-nya, bisa ambil di kecamatan saja nanti dan saya harap juga mereka mengambil KTP-nya ini agar tidak lagi mengurus yang baru,” pungkasnya.(Dedy Warseto)