Hasil Sidak PNS, Wabup Bilang “Sudah Dilaporkan Ke BKN Pusat”

 

TANJUNG REDEB – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) sebelumnya telah mengeluarkan surat edaran tentang larangan cuti lebaran maupun penambahan cuti usai libur lebaran dan cuti bersama.

Guna pengawasan terkait absensi PNS di lingkungan Pemkab Berau tersebut, Bupati Muharram, Wabup Agus Tantomo dan Sekda Jonie Marhansyah bersama instansi terkait pun telah melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke beberapa SKPD, khususnya yang berhubungan dengan pelayanan publik. Baik, sebelum lebaran maupun pada hari pertama masuk kerja usai libur lebaran dan cuti bersama. Sidak tersebut sengaja dilakukan untuk melihat mental kerja PNS jelang dan pasca lebaran selama ini.

BACA JUGA : Wabup Geram Banyak PNS Bolos, Dilaporkan Ke Bupati

Ditemui di Setkab Berau, Wabup Agus Tantomo menegaskan, hasil dari sidak selama ini telah disampaikan Pemkab Berau ke Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) KemenPAN-RB melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau.

“Kita sudah melapor ke yang lebih tinggi (KemenPAN-RB-red). Sudah ditandatangani Bupati dan saya sudah juga paraf,” tegasnya saat ditemui beraunews.com, Rabu (28/9/2016).

Pegawai yang dinilai melanggar surat edaran larangan cuti itu, disampaikan Wabup, jumlahnya cukup banyak. Sebab, evaluasi dan pengawasan terkait absensi PNS tersebut dilakukan terhadap seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Berau. Terlebih, yang memiliki peranan dan fungsi sebagai pelayanan publik.

“Banyak itu, tapi BKD (BKPP Berau-red) yang lebih tahu,” pungkasnya.

BACA JUGA : Besok Sidak Hari Pertama PNS Masuk Kerja

Seperti diketahui sebelumnya, jelang lebaran, Wabup melakukan sidak pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdul Rivai. Hal sama juga dilakukan di Kantor Kelurahan Gunung Panjang dan Kecamatan Tanjung Redeb. Dan pasca libur lebaran dan cuti bersama, Wabup kembali melakukan sidak ke beberapa SKPD.(Andi Sawega)