Bupati : Dana Desa Seharusnya Bukan Untuk Infrastruktur Saja

 

TANJUNG REDEB – Instruksi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, agar setiap desa melakukan pelatihan dan pemberdayaan ekonomi desa untuk mendongkrak perekonomian dan guna menciptakan lapangan pekerjaan, sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai Kabupaten Berau.

“Insya Allah semangat untuk hal itu ada dan sudah mulai terakomodir di desa-desa kita,” ungkap Bupati Berau, Muharram kepada beraunews.com, Senin (26/9/2016).

BACA JUGA : Potensi Besar, Desa Diminta Gelar Pelatihan Ekonomi

Kisaran dana yang akan diperoleh masing-masing desa terbilang cukup besar, sehingga untuk memberikan dampak pembangunan yang merata, baik dari segi infrastruktur dan pembangunan sumber daya manusianya, maka pemberdayaan dan peningkatan kapasitas SDM sangat perlu dilakukan disetiap desa dengan memanfaatkan anggaran yang dikucurkan pemerintah kepada setiap desa.

Menurutnya, jika hanya fokus untuk pembangunan infrastruktur saja, maka kualitas SDM yang berada di desa tersebut terancam akan kalah bersaing dengan daerah-daerah lain yang memiliki SDM lebih berkualitas. Begitu juga perekonomian masyarakatnya yang lebih banyak tumbuh jika SDM-nya kreatif dan inovatif.

“Itu sudah pasti, contohnya saja SDA yang dikelola oleh SDM tingkat rendah, hasilnya tidak maksimal, tapi jika SDM berkualitas mengelola SDA yang minim hasilnya bisa jadi maksimal,” katanya.

Maka dari itu pelatihan dan pemberdayaan masyarakat demi meningkatkan kualitas SDM untuk mendorong perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan potensi anggaran desa sangat penting dilakukan.(Marta)