Soal Kantung Parkir, Dishubkominfo Masih Cari Lokasi

 

TANJUNG REDEB – Wacana pembuatan kantung parkir sebagai upaya meminimalisir parkir liar akan kembali dikaji oleh Dinas Perhubungan Kominukasi dan Informatika (Dishubkominfo) Berau, termasuk lokasi kantung parkir yang direncanakan akan dibangun di daerah sekitar Jalan SA Maulana, Tanjung Redeb.

Dikatakan Kepala Dishubkominfo, Abdurrahman U, lokasi yang direncanakan tersebut kemungkinan akan kembali berubah dikarenakan beberapa hal. Meski sebelumnya pihaknya mengajukan eks terminal Jalan H. Isa III sebagai lokasi pembangunan kantung parkir, tidak disetujui dikarenakan adanya pembangunan lain di lokasi tersebut, kali ini lokasi di Jalan SA Maulana juga dirasa kurang cocok.

“Sudah kita bicarakan dengan Bupati, dan ada beberapa hal yang membuat lokasi tersebut tidak layak menjadi target lokasi pembangunan kantung parkir, salah satunya ditakutkan akan justru terjadi kemacetan dan mengurangi keindahan kota,” katanya kepada beraunews.com, Jum’at (23/9/2016)..

BACA JUGA : Bupati Dukung Wacana Kantung Parkir, Dishubkominfo Perlu Mengkaji Lagi

Menurutnya, lahan yang cocok dilakukan pembangunan kantung parkir harus lokasi yang tidak jauh dari tengah kota, sebab kendaraan yang menjadi target untuk diparkir di kantung parkir adalah kendaraan besar seperti roda 6 maupun roda 12 yang kerap mengangkut barang dari luar daerah.

“Minimal luas lahannya 2 hektar,” ujarnya.

Namun ditengah defisit anggaran yang mewajibkan setiap SKPD untuk merasionalisasi anggaran untuk pembangunan dan sebagainya, pembangunan kantung parkir yang telah diwacanakan sejak beberapa tahun lalu tidak dapat dilaksanakan dalam waktu dekat.

Untuk saat ini pihaknya hanya akan melakukan perencanaan dan berkoordinasi dengan Bupati, Bappeda maupun Dinas Perumahan dan Tata Ruang (DPTR) terkait lokasi dan anggaran yang nantinya dibutuhkan untuk membangun kantung parkir.

“Kalau tidak bisa tahun depan, maka kita akan menunggu sampai anggaran kita bisa kembali normal. Saat ini kami terus berkoordinasi dengan Bupati dan pihak terkait lainnya supaya apa yang direncanakan ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan, termasuk lokasi lain yang saat ini masih kita cari untuk pembangunannya. Kalau nanti sudah oke, tinggal kita susun Rencana Anggaran Belanja (RAB),” tandasnya.(Marta)