Tarif Parkir Expo Masih Semaunya

 

TELUK BAYUR – Tarif parkir liar di kawasan Berau Expo 2016, Jalan HARM Ayoeb, Kecamatan Teluk Bayur yang ditetapkan pemilik atau pengelola parkir dadakan, masih saja terbilang tinggi dan sesukanya. Hal ini seperti yang disampaikan beberapa pemilik kendaraan, termasuk hasil pantuan beraunews.com di lapangan selama beberapa hari ini.

Salah satu pengunjung Berau Expo, Herman mengaku kapok untuk kembali mengunjungi Berau Expo kali ini, terlebih bila menggunakan kendaraan roda empat (mobil). Selain tidak adanya lahan parkir yang memadai, tempat parkir liar yang dikelola secara dadakan oleh masyarakat pun menerapkan tarif parkir yang bervariasi hingga Rp20 ribu per kendaraan.

“Saya tadi parkir disamping pasar, disuruh bayar Rp20 ribu,” ujarnya.

Hal senada disampaikan pengunjung Berau Expo lainnya, Elly. Ia menilai, event Berau Expo memang kerap dijadikan momentum oleh beberapa oknum masyarakat untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Bahkan, ia menduga, pada penutupan Berau Expo nanti, tarif parkir yang ada akan mengalami peningkatan. Mengingat, antusiasme masyarakat yang membludak untuk menyaksikan hiburan yang disajikan penyelenggara event itu, yang biasanya dimeriahkan oleh artis atau band terkenal asal ibukota.

“Penutupan nanti, bisa-bisa naik lagi bayar parkir. Ada band Lyla, pasti banyak yang nonton dan mau tidak mau harus parkir. Pasti dinaikin sama mereka, daripada tidak bisa parkir,” ucapnya.

 

Padahal sebelumnya, personil Polsek Tanjung Redeb dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Bedungun telah memberikan imbauan agar tarif parkir yang ada disesuaikan. Selain itu, tim gabungan dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Berau, Kelurahan Sei Bedungun, dan Kelurahan Rinding, juga telah melakukan penertiban tempat parkir liar di kawasan tersebut.

BACA JUGA : Berau Expo Jadi Ajang Parkir Liar Meraup Keuntungan

Bahkan, dikatakan Kepala Bidang Pendataan dan Penetapan, Dispenda Berau, Djupiansyah Ganie, jika seluruh tempat parkir kendaraan Berau Expo menggunakan karcis dari Dispenda, maka tarif yang akan dipatok hanya berkisar Rp15 ribu untuk roda empat, dan Rp5 ribu untuk roda dua. Itu sudah termasuk pajak sebesar 25 persen per kendaraan yang dipungut dari pengelola tempat parkir tersebut.(Andi Sawega)