DKP Sambut Baik Wacana Satgas Kebersihan

 

TANJUNG REDEB – Wacana Pemkab Berau yang disampaikan Wakil Bupati, Agus Tantomo untuk membentuk satuan petugas (satgas) kebersihan di darat maupun di sungai, disambut baik Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP).

Kepala DKP, Ahmad Ismail menyebutkan, Pemkab telah berkoordinasi dengan pihaknya terkait rencana pembentukan satgas kebersihan sungai tersebut. Meski belum pasti, namun rencananya pembentukan satgas kebersihan tersebut akan dianggarkan di APBD Perubahan tahun 2016.

“Ya memang benar kita akan bentuk satgas kebersihan di sungai, ini salah satu upaya untuk menanggulangi sampah di sungai,” katanya saat dikonfirmasi beraunews.com, Selasa (20/9/2016).

BACA JUGA : Pemkab Wacanakan Satgas Kebersihan Terbentuk Awal Tahun

Jika terlaksana, nantinya pemkab akan menganggarkan pengadaan road sweeper atau mobil penghisap debu sebagai bentuk efisiensi tenaga kerja. Apabila menggunakan road sweeper, maka sama dengan penghematan tenaga kerja sebanyak 30 orang.

30 orang tenaga kerja yang akan diefisiensikan dengan road sweeper tersebut akan dipekerjakan sebagai personil dari satgas kebersihan sungai yang diwacanakan. Hal itu dilakukan mengingat rasionalisasi anggaran yang saat ini sedang diterapkan pemkab akibat defisit anggaran.

“Nah, kemungkinan besar DKP akan menyeleksi personil untuk satgas kebersihan sungai tersebut dari internal DKP sendiri, dengan catatan akan ada seksi atau bagian lain yang sedikit mengalami hambatan,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menyebutkan, saat ini pihaknya masih berharap pada bantuan pihak swasta untuk pengadaan 2 unit perahu berikut mesinnya untuk melancarkan operasi satgas kebersihan sungai tersebut. Demikian juga dengan anggaran rutin lewat TAPD yang diharapkan agar tidak dirasionalisasikan mengingat semakin tinggi jumlah penduduk saat ini merupakan faktor semakin tingginya produksi sampah.

“Kita tidak bisa kalau hanya mengandalkan pemkab, pihak swasta juga kita harapkan punya peran disini,” tandasnya.(Marta)