Bupati Targetkan Pesta Adat Irau Manuntung Jukut Pecahkan Rekor Muri

 

TANJUNG REDEB – Pemkab Berau melalui Bupati Muharram menargetkan pesta irau manuntung jukut yang digelar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Minggu (18/9/2016), akan menjadi pemecah rekor muri di tahun selanjutnya. Hal ini disampaikannya saat memberikan pidato pembukaan pada pesta irau manuntung jukut.

Sekitar 4 ton ikan yang disiapkan oleh partisipan dan DKP diserbu ribuan warga yang berpartisipasi dalam kegiatan tahunan tersebut. Jumlah ikan, dikatakan Muharram, masih sangat kecil jika ingin menjadi rekor muri.

"Kita masih kalah sama Bontang yang sudah pecahkan rekor muri bakar ikan sebanyak 10 ton. Kita bisa kalau partisipan yang ada saat ini sekitar 250 partisipan ditambah dua kali lipat lagi," ungkapnya.

 

Meski tahun ini pesta irau manuntung jukut jauh lebih meriah dan tertib dari tahun-tahun sebelumnya, namun untuk meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara, Pemkab berencana akan menggelar pesta serupa dengan lebih meriah lagi.

"Insya Allah, tahun-tahun selanjutnya kita adakan lebih ramai lagi, bukan hanya sekadar bakar ikan dan ramai-ramai, tapi juga bisa menjadi daya tarik untuk wisata," ujarnya.

 

Selain meningkatkan kunjungan wisatawan, ia juga menargetkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat disaat pesta irau manuntung jukut digelar. Baik sektor perdagangan hingga perhotelan yang semakin ramai dikunjungi wisatawan di hari menjelang pesta irau manuntung jukut.

"Luar biasa sekali kalau pesta seperti ini juga berdampak pada perekonomian masyarakat Berau. Hotel-hotel penuh dikunjungi wisatawan, pedagang juga bisa kreatif menyediakan dagangan yang bernilai jual tinggi seperti aneka aksesori khas Berau atau bahkan makanan khas Berau. Semoga apa yang kita impikan untuk menjadikan Berau sebagai surga pariwisata dapat terwujud," tandasnya.(Marta)