Wah, Fasilitas Pendingin Pameran Dikeluhkan

 

TELUK BAYUR – Event pameran pembangunan bertajuk Berau Expo yang dirangkai dengan peringatan hari jadi Kabupaten Berau ke-63 dan Kota Tanjung Redeb ke-206, Kamis (15/9/2016), secara resmi telah dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Dalam peresmian itu, Mendagri didampingi istri Erni Tjahjo Kumolo selaku Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Istri Gubernur Kaltim Suharni Amelia Faroek selaku Ketua Dekranasda Kaltim dan Istri Bupati Berau, Sri Juniarsih selaku Ketua Dekranasda Berau serta Pejabat Pemkab Berau.

Pagelaran Berau Expo diikuti setidaknya 100 peserta, baik dari stand pameran pemerintahan hingga stand UKM. Namun baru satu hari gelaran Berau Expo dibuka, sejumlah pengunjung maupun peserta pameran telah banyak yang mengeluhkan fasilitas Air Conditioner (AC) atau pendingin ruangan pameran yang tidak maksimal, akibatnya ruang pameran menjadi panas, baik siang hari maupun malam hari.

“Aduh ini ruanganya panas sekali. Acaranya cuma ada di pojok-pojok, ada juga AC yang dipasang di belakang stand peserta itu tidak ada gunanya, ada yang hidup ada yang mati. Lihat saja kemarin Pak Menteri kesini bagaimana basah kuyup kan. Ini bukan saya saja yang mengatakan tapi hampir semua stand mengakui kepanasan,” ungkap Hendri salah satu penjaga stand pameran kepada beraunews.com, Jum’at (16/9/2016).

Hal senada juga diutarakan sejumlah pengunjung, Arham misalnya. Warga Jalan Mangga III itu mengaku jika berada di dalam ruang pameran seperti berada di dalam oven pemanas. Pasalnya, di hampir semua lorong pameran pendingin ruangan yang disiapkan panitia pelaksana tidak maksimal penggunaannya.

“Masa AC-nya di pasang di belakang stand pameran peserta. Siapa yang menikmati. Yang di pasang di bawah hanya 4 AC, itu pun di sudut-sudut ruangan. Saya kesini kemarin masih sepi sudah panas sekali, belum kalau di tambah padatnya pengunjung, apa tidak semakin panas,” keluhnya

 

Kondisi pendingin ruangan Berau Expo kali ini, sebenarnya sudah diingatkan oleh Publik Kasus Berau melalui akun Facebooknya, Kamis (15/9/2016) pukul 00.03 Wita. Saat itu ia menuliskan genset expo dengar-dengar tak akan mampu menyalakan semua AC yang ada di stand pameran, karena kurang daya.

“Kita lihat saja pelaksanaannya besok benar apa tidak info yang saya dapat,” ujarnya.

Bukan hanya soal fasilitas, namun juga di hari pembukaan Berau Expo juga telah menuai kritikan dari sejumlah pejabat publik dan tamu undangan akibat dilarang masuk oleh petugas keamanan pasar.(M.S. Zuhrie)