Pembukaan Expo Dihadiri Banyak Pejabat Teras Dari Pusat

 

TELUK BAYUR – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo secara resmi hadir dan membuka event pameran pembangunan bertajuk Berau Expo 2016 pada pukul 11.00 Wita, Kamis (15/9/2016), di Kompleks Pasar Sanggam Adji Dilayas. Mendagri mewakili Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Mufidah Jusuf Kalla yang juga Istri Wakil Presiden RI yang sebelumnya dijadwalkan membuka Expo tersebut.

Bupati Berau, Muharram menyampaikan, jika berjalan sesuai rencana, seharusnya pembukaan event pameran pembangunan kali ini akan dibuka langsung oleh Ketua Umum Dekranas, Mufidah Jusuf Kalla. Namun, dalam waktu relatif singkat, Ketua Umum Dekranas ternyata harus mendamping sang Suami, Wapres Yusuf Kalla untuk melakukan kunjungan kenegaraan di Amerika Serikat.

“Itulah sebabnya kenapa Menteri Dalam Negeri hadir disini,” ujar Muharram dalam sambutannya, Kamis (15/9/2016).

 

Dikatakannya, Mendagri Tjahjo Kumolo akan melihat langsung hasil kerajinan tangan generasi muda di Kabupaten Berau. Yang ada terpajang di stand-stand pameran. Dengan adanya bakat di bidang kerajinan tersebut, yang awalnya menjadi perhatian dari Mufidah Yusuf Kalla untuk hadir menyaksikan langsung hasil karya generasi muda Berau.

“Insya Allah, hari ini kita akan menyaksikan hasil karya mereka dalam pameran ini,” katanya.

Sebelumnya, dijelaskan Muharram, Dekranasda Berau pun telah melatih putra-putri Berau sebanyak 16 orang agar dapat menghasilkan kerajinan yang bernilai saing tinggi. Ternyata, hasil kerajinan mereka cukup membanggakan dan dilirik oleh Dekranas. Berkat hasil ini pula yang membuat Dekranas kembali memberikan kesempatan kepada putra-putri Berau ini untuk mengikuti pelatihan kerajinan di Bali.

“Saya bersama Ibu Bupati (Sri Juniarsih-red) juga hadir di Bali, menemani anak-anak kita untuk mengikuti pelatihan di Bali. Kurang lebih 16 anak dari Berau yang kita latih,” jelasnya.

 

Selain itu, Muharram juga mengungkapkan, hadirnya pejabat teras beserta istri dari pemerintah pusat dan provinsi di Bumi Batiwakkal kali ini, juga tidak lepas dari ditunjukkan Berau sebagai pilot project program Dewan Kerajinan Nasional yang telah membina para generasi muda Berau untuk menghasilkan berbagai kerajinan daerah. Sehingga dengan pembinaan ini mendukung pengembangan pariwisata yang digencarkan Kabupaten Berau.

“Saya kira cukup tepat apa yang dilakukan Dekranas pusat menjadikan Kabupaten Berau sebagai salah satu pilot project untuk menjadi binaan dalam rangka mengembangkan kerampilan, khususnya Dewan Kerajinan Nasional di daerah ini,” ucapnya.

Seperti diketahui, Mendagri Tjahjo Kumolo juga didampingi istri Erni Tjahjo Kumolo selaku Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Istri Gubernur Kaltim Suharni Amelia Faroek selaku Ketua Dekranasda Kaltim, dan Istri Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga.(Andi Sawega)