Atasi Parkir Liar, Dishubkominfo Berencana Buat Kantung Parkir

 

TANJUNG REDEB – Minimnya lokasi parkir yang membuat kendaraan besar kerap parkir disembarang tempat, membuat Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Berau, berencana menyediakan kantung parkir khusus kendaraan besar di dalam kota.

Dengan adanya kantung parkir, disampaikan Abdurrahman U, Kepala Dishubkominfo Berau, setidaknya akan meminimalisir kendaraan yang menggunakan jalanan umum sebagai tempat parkir mereka. Dengan begitu, jalanan di dalam kota juga akan jauh lebih teratur dan rapi.

Untuk mewujudkan hal itu, sejak masa pemerintahan Bupati Berau, Makmur HAPK, pihaknya telah mengajukan eks terminal Jalan Haji Isa I, Tanjung Redeb sebagai lokasi yang direncanakan sebagai kantung parkir. Namun, hingga berganti masa pemerintahan, pembuatan kantung parkir yang dimaksudkan tak kunjung mendapat realisasi.

“Kita sudah pernah mengusulkan untuk lokasi kantung parkirnya di bekas terminal lama. Karena menurut kami disana yang lebih startegis dan layak menjadi kantung parkir, terlebih posisinya masih di dalam kota dan dekat dengan pintu masuk dari berbagai kecamatan yang biasa membawa pengendara mobil-mobil besar,” ungkapnya kepada beraunews.com, Rabu (14/9/2016).

 

Keberadaan kantung parkir yang diwacanakan Dishubkominfo tersebut, selain menjadi sarana untuk menertibkan kendaraan yang kerap menimbulkan kemacetan di dalam kota, juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi parkir yang dilakukan pemilik kendaraan melalui kantung parkir tersebut.

“Kalau ada kantung parkir, ada beberapa manfaat yang bisa kita ambil. Jalanan menjadi lebih tertib dari parkir liar, wajah perkotaan kita juga tidak semrawut hanya karena banyak kendaraan parkir dimana-mana, dan PAD bisa kita tingkatkan dengan retribusi parkir dari setiap orang yang memarkir kendaraan mereka di kantung parkir,” jelasnya.

Meski pihaknya tidak berhasil melaksanakan rencana pembuatan kantung parkir di tempat yang semula diajukan, namun inisiatif membuat kantung parkir tersebut tidak berhenti. Saat ini pihaknya telah memikirkan lokasi lain yang dinilai pantas dan layak menjadi kantung parkir, yakni lahan milik Pemkab di Jalan SA Maulana, Tanjung Redeb.

“Nanti kita usulkan lagi terkait pembuatan kantung parkir ini. Semoga usulan selanjutnya bisa diterima dan kantung parkir sebagaimana harapan kita bisa menjadi solusi atas masalah parkir liar yang masih banyak terjadi di Berau ini,” tandasnya.(Marta)