Perangi Narkoba Dengan Keharmonisan Rumah Tangga

 

 

TANJUNG REDEB – Upaya memerangi narkoba bukan hanya melalui hukum maupun pemberantasan lainnya. Namun, yang terpenting adalah dengan keutuhan rumah tangga dan suasana yang harmonis, agar para orang tua bisa berperan aktif mengawasi anak agar terhindar dari narkoba.

"Tidak ada upaya kita yang maksimal untuk memerangi narkoba kecuali keharmonisan rumah tangga," ungkap Bupati Berau, Muharram saat memberi sambutan dalam deklarasi anti narkoba di Lapangan Pemuda, Rabu (14/9/2016).

Dikatakan Muharram, biasanya remaja yang mengenal narkoba berawal saat mereka mencari pelampiasan atau mencari teman sepergaulanya untuk mendapat perhatian. Namun, karena salah memilih, maka mereka akan mudah terpengaruh dengan teman-teman yang tidak baik atau menjerumuskan.

"Saat sudah terlibat, maka akan sulit untuk lepas dari jeratan narkoba ini, makanya harus kita cegah sejak dini dengan meluangkan waktu untuk putra putri kita," jelasnya.

Muharram mengimbau agar para ornag tua bersama-sama membantu untuk perang terhadap narkoba. Jangan sampai lengah dengan pengawasan terhadap anak, lihat perkembangannya dan perhatikan apa yang mereka inginkan.

"Saya meminta orang tua bisa berkerjasama untuk perang terhadap narkoba," katanya.

Beberapa kejadian bisa menjadi pembelajaran penting untuk dipahami. Bukan hanya dampak kesehatan saja yang dapat dirusak oleh narkoba, tapi juga kehidupan dan material akan habis karena narkotika.

"Ada beberapa orang pernah mengalami pahitnya menggunakan narkotika, bertahun-tahun di penjara dan harta pun habis pendidikan pun berantakan. Maka dari itu, mari kita sama-sama perang terhadap narkoba," pungkasnya.(Dedy Warseto)