Idul Adha Di Masdjid Agung, Ini Pesan Pemkab dan DPRD

 

TANJUNG REDEB – Ribuan umat muslim Berau antusias melaksanakan Salat Idul Adha 1437 Hijriah di Masjid Agung Baitul Hikmah, Senin (12/9/2016). Tak hanya di dalam ruangan masjid, jamaah juga memenuhi sebagian besar halaman masjid hingga badan jalan.

Usai pelaksanaan salat idul adha, seperti pada umumnya hari raya idul adha atau hari raya kurban, Panitia Pelaksana Kurban Masjid Agung Baitul Hikmah, juga menyiapkan belasan ekor sapi dan kambing yang siap untuk dikurbankan.

Disampaikan Amrullah, Ketua Panitia Pelaksana Kurban, ada sekitar 16 ekor sapi dan 14 ekor kambing yang dikurbankan di Masjid Agung. Sementara jumlah seluruh hewan kurban yang dikurbankan di beberapa masjid seputar Tanjung Redeb sekitar 244 ekor sapi dan 114 ekor kambing.

"Baik dari instansi pemerintah maupun swasta, hewan kurban semua tersebar dibeberapa masjid maupun tempat pemotongan lainnya," ungkapnya.

 

Bupati Berau, Muharram, yang hadir dalam pelaksanaan salat idul adha tersebut juga turut berpartisipasi menyerahkan hewan kurban. Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan makna hari raya kurban yang dapat dipetik di tahun ini.

"Berkorban bukan hanya sebatas harta saja. Namun pikiran, tenaga dan usaha yang kita berikan untuk membangun bangsa ini juga adalah berkorban. Karena mustahil rasanya bangsa ini dapat maju tanpa ada keikhlasan dan pengorbanan dari pemerintah hingga masyarakatnya untuk berkorban memajukan bangsa, khususnya Berau," ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya'diah, yang juga hadir mengajak seluruh masyarakat Berau untuk tidak hanya memaknai kurban sebagai tindakan berbagi, tetapi juga mendo’akan seluruh umat Islam yang sedang menjalankan rangkaian ibadah haji di tanah suci, Mekkah, Saudi Arabia.

"Sangat beruntung tahun ini kita masih diberi kesempatan untuk melaksanakan dan merasakan indahnya suasana hari raya kurban. Begitu juga dengan saudara kita yang sedang menunaikan ibadah haji, mari kita sertakan do’a untuk mereka juga agar senantiasa sehat dan selamat," tandasnya.(Marta)