Waduh Ada WTS Eks THM Tembudan Masih Jualan Sembunyi-Sembunyi

BATU PUTIH – Meskipun sejumlah lokalisasi di Kampung Tembudan Kecamatan Batu Putih telah secara resmi dilakukan penutupan. Namun bukan berarti praktek prostitusi di wilayah tersebut telah benar-benar lenyap.

Bahkan puluhan Wanita Tuna Susila (WTS) yang sebelumnya dikabarkan dipulangkan oleh pihak pengelola ternyata masih berkeliaran. Bahkan beberapa hari terakhir, pihak Satpol PP Berau pernah mengamankan sejumlah WTS eks lokalisasi Tembudan di Tanjung Redeb.

Parahnya lagi, ada indikasi masih ada WTS yang masih "mencari nafkah" dengan cara sembunyi-sembunyi. Bahkan tersiar kabar, ada sejumlah WTS kembali ke salah satu THM tempat sebelumnya mereka bekerja.

BACA JUGA : Lokalisasi Di Tembudan Resmi Ditutup, Pengelola Berencana Dirikan Karaoke Keluarga

Kepala Kampung Tembudan, Nur Iman saat dikonfirmasi beraunews.com tidak mengetahui jika ada WTS eks Tembudan yang diamankan pihak Satpol PP. Namun ia tidak membantah jika ada saja para WTS yang kembali secara diam-diam  ke kampungnya. Padahal disampaikan pihak pengelola saat pertemuan lalu, WTS yang menjadi pekerja di THM sudah dipulangkan.

BACA JUGA : Eks Pekerja THM Tembunan “Gentayangan” Di Tanjung Redeb

"Waktu itu saat mau dipanggil (WTS-red), kata pengelolanya sudah dipulangkan. Tapi mungkin karena dirasa sudah aman, yang tadinya pulang atau mencar ini, tampaknya masih kembali-kembali," ungkapnya.

 

Jika benar para WTS tersebut masih berdagang dengan cara sembunyi-sembunyi di Kampung Tembudan, maka dinilainya, upaya penutupan yang dilakukan beberapa waktu lalu terkesan sia-sia. Bahkan mempermainkan aparat hukum.

"Ya istilahnya penutupan kemarin itu hanya menutup musiknya saja. Kalau musik tidak berdampak bagi masyarakat, yang berdampak itu kegiatan prostitusinya. Ya kalau memang mereka masih "jualan" kita serahkan saja sama Pemkab dan Satpol PP, karena pemerintah kampung dan kecamatan sudah melakukan penutupan lokalisasi," jelasnya.

BACA JUGA : Pemkab Rencanakan Sewa Rumah Untuk Pembinaan Sementara WTS

Sementara upaya beraunews.com untuk mengkonfirmasi Camat Batu Putih, Saharuddin melalui sambungan seluler tidak mendapat tanggapan.(Hendra Irawan)