Meriahnya Pawai Budaya 2016

 

TANJUNG REDEB –  Pawai kirab budaya dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Berau ke-63 dan Kota Tanjung Redeb ke-206 yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Sabtu (10/9/2016) berlangsung meriah.

Kegiatan yang diikuti oleh sejumlah SKPD, organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, paguyuban dan kelompok kesenian dan budaya dari masyarakat setempat juga turut meramaikan pawai yang dimulai dari lapangan Kantor Bupati Berau dan berakhir di lapangan pemuda.

Bupati Berau, Muharram yang membuka kegiatan tersebut, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh elemen masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan tahunan yang dilaksanakan Pemkab tersebut.

 

Ia juga menilai, dengan dilaksanakannya pawai budaya, dapat menjadi sarana bagi seluruh masyarakat Berau untuk menunjukkan identitas kebudayaan yang dimiliki masing-masing daerah.

“Saya bangga dan sangat mengapresiasi seluruh masyarakat yang terlibat dalam mensukseskan pawai budaya ini, terlebih mereka sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menunjukkan keberagaman budaya yang kita miliki,” ungkapnya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, kehadiran beberapa peserta perwakilan yang datang dari Provinsi Kalimantan Utara, Kutai Kartanegara hingga 2 orang perwakilan dari Solo Jawa Tengah, juga turut memberikan warna baru dalam menampilkan kesenian dan budaya masing-masing daerahnya.

Menurutnya, hal itu juga menunjukkan wujud kepedulian provinsi dan kabupaten lainnya terhadap Kabupaten Berau, yang dituangkan dalam partisipasi merayakan hari jadi Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb lewat pawai budaya tersebut.

 

“Partisipasi dari provinsi lain ini juga sangat kita apresasi, dan apa yang mereka tampilkan mungkin bisa menjadi inspirasi bagi kita sendiri untuk melakukan hal yang sama dikemudian hari,” katanya.

Ribuan masyarakat yang tumpah ke jalan untuk menyaksikan pawai budaya tersebut juga menjadikan momen pawai budaya sebagai ajang berselfie ria dengan berbagai macam kostum dan kesenian budaya yang ditampilkan oleh peserta pawai budaya.

Salah seorang warga sempat melayangkan komentarnya terkait kemeriahan pawai budaya pagi tadi.

“Meriah banget, rugi kalau tidak nonton. Bisa jadi ajang untuk edukasi anak-anak terkait ragam kebudayaan yang ada juga,” ujar Septri Rahmayanti, salah seorang penonton pawai budaya.(Marta)