Kabar Gembira, Berau Bakal Punya Poltek

TANJUNG REDEB – Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya’diah berharap Pemkab Berau benar-benar memaksimalkan setiap peluang pendanaan yang bersumber dari pemerintah pusat melalui setiap kementerian. Harapan Ketua DPRD itu menyusul pentingnya bantuan pemerintah pusat di tengah defisit anggaran yang kini dihadapi daerah.

Harapan Ketua DPRD itu ditanggapi Wakil Bupati (Wabup) Berau, Agus Tantomo. Dikatakannya, Pemkab sudah banyak mengusulkan proyek multiyear ke pemerintah pusat melalui kementerian, seperti proyek di Biduk-Budik, Gurimbang, PDAM, Jalan Bujangga, jembatan-jembatan dan lainnya.

“Tantangan kita kedepannya kalau APBD sudah hancur seperti ini, mau tidak mau kita harus menggarap habis-habisan APBN dan sumber-sumber pendanaan lain,” ungkap Wabup saat ditemui beraunews.com di Setkab Berau, Senin (5/9/2016).

BACA JUGA : Defisit Anggaran, Ketua DPRD Minta SKPD Proaktif Ke Kementerian

Namun, berkas usulan Pemkab Berau yang telah dimasukkan ke pemerintah pusat selama ini, diakui Wabup, bisa saja tidak disetujui atau direalisasikan oleh pemerintah pusat. Sebab, pemerintah daerah lainnya tentu mengusulkan beberapa program pembangunan dengan harapan dapat didanai APBN juga.

Selain itu, berkas yang telah diberikan ke pusat, bisa saja hanya ditumpuk bersama dokumen daerah lain dan berada ditumpukkan terbawah, sehingga tidak dievaluasi oleh pihak kementerian.

“Yang begitu-begitu itu tuh, namanya juga seluruh Indonesia yang memasukkan usulan maka kadang-kadang kita masukkan, setelah itu beberapa minggu kemudian berkas kita mungkin sudah paling bawah. Jadi yang begitu-begitu harus dikawal, harus sering bolak-balik ditanyakan dan SKPDnya aktif juga,” ujarnya.

Salah satu usulan Pemkab yang terus ditindaklanjuti kementerian, dikatakan Wabup, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) telah mendukung dan menyetujui pendanaan pembangunan Politeknik (Poltek) Kelautan dan Perikanan di Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan. Kedepannya, Kabupaten Berau akan memiliki setidaknya dua Poltek.

“Pemkab juga lakukan itu. Saya minggu ini ke Dirjen Dikti karena sudah ada komunikasi secara informal, kita mau membantu membangunkan Poltek disini. Kita mau punya dua Poltek disini, satu Insya Allah sudah gol di pertengahan September ini. Tapi, itu Poltek khusus kelautan dan perikanan, lokasinya di Tanjung Batu. Yang satu lagi yang saya mau kejar, itu Poltek umum di Tanjung Redeb,” pungkasnya.(Andi Sawega)