Defisit Anggaran, Promosi Wisata Ke Luar Negeri Batal

TANJUNG REDEB – Defisit anggaran yang di alami Pemerintah Kabupaten Berau membuat rencana promosi wisata ke luar negeri terpaksa dibatalkan. Promosi wisata dengan mengikuti pameran di beberapa negara di Eropa sebenarnya sudah dianggarkan. Namun dengan situasi ini, seluruh agenda dibatalkan dan akan dianggarkan di tahun depan.

Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo mengatakan, pembatalan agenda promosi wisata ini sudah dilakukan sejak April lalu. Selain itu, agenda lain seperti di bulan Agustus dan September ini pun terpaksa dibatalkan melihat kondisi anggaran saat ini.

"Sudah diagendakan dan dianggarkan, di sekretariat sekitar Rp2 miliar anggaran dan untuk di Dinas Pariwisata saya belum tahu berapa nominalnya," ungkapnya kepada beraunews.com, Jum’at (2/9/2016).

Dikatakannya, tahun 2017 promosi wisata dengan mengikuti pameran di luar negeri akan kembali dianggarkan. Pasalnya, promosi ini dianggap penting untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Berau.

"Jangan anggap ini bagian dari buang-buang uang, justru dengan defisit anggaran ini kita harusnya meningkatkan promosi agar banyak yang berwisata ke Berau," tambahnya.

Di tahun 2017 sendiri, Wabup memperkirakan bisa mengikuti 3 event pameran besar di benua Eropa dengan menampilkan wisata-wisata Berau. Namun, event yang diikuti sendiri lebih mengarah ke pameran bahari.

"Paling tidak kita bisa lakukan sebanyak 3 kali tahun depan itu, dan kita liat yang mana prioritas. Kita utamakan pameran bahari yang akan kita ikuti. Jika meraka penasaran dengan wisata kita, mereka pasti datang," pungkasnya.(Dedy Warseto)