Disbudpar Imbau Masyarakat Hadiri Rangkaian Peringatan HUT Berau dan Tanjung Redeb

TANJUNG REDEB – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Berau yang ke-63 dan Kota Tanjung Redeb yang ke-206, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau akan melaksanakan prosesi adat baturunan parau yang disusul dengan pesta irau manutung jukut (pesta bakar ikan), Minggu (11/9/2016) mendatang.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini akan digelar di Sepinggiran Tepian Sungai Segah, Jalan Ahmad Yani, Tanjung Redeb.

“Prosesi baturunan parau (menurunkan perahu panjang) kita laksanakan di Keraton Gunung Tabur, menyeberang ke Tanjung Redeb untuk dilanjutkan membakar ikan di sepinggiran tepian sungai segah,” ungkap Saprudin Ithur, Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata kepada beraunews.com, Kamis (1/9/2016).

BACA JUGA : Disbudpar Siapkan Rangkaian HUT Berau dan Tanjung Redeb

Baturunan parau merupakan pesta adat suku banua yang memiliki makna gotong royong antara masyarakat maupun pimpinan didaerahnya. Nantinya, seluruh pimpinan dari Bupati, Wakil Bupati, hingga Kepala SKPD bersama-sama mengangkat perahu panjang untuk diturunkan ke sungai segah. Mengangkat perahu tersebut diberi makna sebagai kerja sama seluruh unsur pimpinan untuk memikul tanggung jawab mereka sebagai pimpinan di Berau.

“Filosofinya, mengangkat perahu panjang sama dengan memikul tanggung jawab kepada masyarakat. Apapun masalah yang sedang dihadapi pemimpin kita, maka itu juga adalah masalah yang dihadapi oleh daerah kita bersama-sama,” jelasnya.

Kegiatan yang akan diikuti oleh rangkaian kegiatan lainnya tersebut terbuka untuk masyarakat umum. Sehigga masyarakat diimbau untuk menghadiri kegiatan tersebut untuk meramaikan hari jadi Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb.

“Kita undang seluruh masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini, dan nantinya untuk pembakaran ikan, seperti tahun-tahun sebelumnya kita bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Berau untuk menyiapkan ikan yang akan dibakar,” tandasnya.(Marta)