Keok Hadapi Pendaftar, SMAN 1 Tambah Operator Server PPDB

TANJUNG REDEB – Setelah 2 hari melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), SMA Negeri 1 Berau di kawasan Jalan Mangga I terpaksa harus menambah jumlah operator server sebanyak 2 orang. Pasalnya, tingginya pendaftar membuat 2 operator yang sudah ada kewalahan.  Kini, ada 4 orang operator yang bertugas input data calon peserta didik baru.

Dihari pertama pendaftaran, sebanyak 150 lembar nomor antrian langsung ludes sekejap. Namun diluar prediksi, lonjakan pendaftar membuat 2 operator input data kewalahan, sehingga harus menambah 2 orang lagi.

“Kita sempat kewalahan di hari pertama kemarin, sejak dibuka pendaftaran di SMAN 1, nomor antrian yang disediakan sebanyak 150 lembar telah habis. Namun jumlah calon pendaftar terus meningkat, bahkan mencapai 2 kali lipat dari nomor antrian yang disediakan, akibatnya operator server yang kewalahan karena cuma dua orang.  Makanya kita tambah operator servernya,” ungkap Kepala Sekolah SMAN 1, Saleh saat berbicang dengan beraunews.com, Selasa (12/7/2016).

Selain menambah operator, dikatyakan Saleh, membludaknya jumlah pendaftar ini juga membuat pihaknya menambah waktu verifikasi data pendaftar.

“Meski sudah kita tambah 4 orang operator, proses input data juga harus kita lakukan sampai sore hari, karena pendaftar di hari pertama kemarin itu membludak sekali. Kalau sesuai aturan, batas pendaftaran hanya sampai jam 12 siang, tapi untuk kemarin kita dapat kebijakan bisa sampai sore, makanya teman- teman panitia lembur semua,” bebernya.

Untuk kuota yang disediakan SMAN 1 sendiri sebanyak 192 siswa, namun dari hasil verifikasi sementara, saat ini kuato tersebut telah terpenuhi. Namun, masih akan tetap berubah hingga proses pendaftaran final dilakukan pada 14 Juli mendatang.

“Kalau saat ini kuota kita sudah terpenuhi, tapi kan ini baru sementara saja, belum final. Masih ada 2 hari lagi kemungkinan pergeseran masih bisa tejadi, sampai akhir pendaftaran pada 14 juli mendatang. Untuk hasil akhirnya akan  diumumkan pada 18 Juli,” tutupnya.(msz)