Hikmah PPDB Online Bagi Orang Tua dan Siswa

TANJUNG REDEB – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2016-2017 yang dilaksanakan secara online oleh beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Berau, rupanya memberikan pembelajaran tersendiri bagi calon siswa yang akan mendaftarkan diri khususnya di sekolah pilihan mereka.

Pasalnya, mekanisme PPDB online yang diterapkan dalam menyaring dan menyeleksi siswa-siswi yang masuk ke sekolah pilihannya tersebut dilakukan secara otomatis oleh server yang digunakan dalam proses pendaftaran.

“Misalkan ada siswa yang ingin masuk ke SMAN 1 Berau, dengan nilai 200 dan berada diperingkat ke 90, lalu ada lagi siswa yang masuk dengan nilai 300, secara otomatis siswa yang memiliki nilai 200 akan tergeser posisinya ke peringkat bawah karena ada yang lebih tinggi lagi nilainya. Jadi, yang menentukan peringkat dan posisi pendaftar itu ada diurutan berapa adalah langsung dari servernya, semua dilakukan otomatis tergantung nilainya,” papar Kepala SMAN 1 Berau, Saleh, saat ditemui beraunews.com, Selasa (12/7/2016).

Menurut Saleh, ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik calon siswa maupun orang tua siswa dalam pelaksanaan PPDB online. Salah satunya, mengajarkan calon siswa makna usaha dan kerja keras diri sendiri yang akan mengantarkan pada kesuksesan.

“Kalau kita perhatikan sistem yang berlaku, ini mengajarkan kepada seluruh siswa bagaimana sebenarnya usaha dan keseriusan kita menentukan nasib kita dikemudian hari. Karena dari PPDB yang dilakukan secara online ini tidak akan ada siswa yang masuk di sekolah-sekolah favorit dengan cara-cara yang tidak memenuhi prosedur. Semua butuh usaha, tidak bisa bergantung pada orang lain saja,” ungkapnya.

Selain itu, melihat tingginya animo orang tua siswa yang ingin memasukkan anak-anaknya ke sekolah favorit, secara tak langsung menegaskan pemahaman kepada masyarakat luas seberapa pentingnya pendidikan bagi setiap manusia.

“Dan dari kondisi yang tampak saat ini, sebelum PPDB online dibuka banyak orang tua siswa yang selalu mempertanyakan kapan PPDB di SMAN 1 Berau dibuka, secara tidak langsung itu membuktikan orang tua siswa mulai menyadari betapa pentingnya pendidikan untuk anak mereka. Saya berharap apapun hasil yang didapatkan para siswa yang mendaftarkan diri di sekolah-sekolah pilihannya bisa diterima dan menjadi pembelajaran bagi yang lainnya. Diterima apa tidak semua adalah hasil dari usaha dan kerja keras para siswa sendiri,” tandasnya.(mta)