Hari Pertama Pendaftaran PPDB, Formulir Laris Manis

TANJUNG REDEB – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Berau telah dimulai pada hari ini, Senin dan akan berakhir pada 14 Juli 2016 mendatang. Hari pertama pendaftaran, lembar formulir PPDB di sejumlah sekolah tingkat SD di Kecamatan Tanjung Redeb langsung ludes. Bahkan, ada orang tua calon murid yang tak sempat kebagian formulir.

Pantauan beraunews.com di SDN 007 Tanjung Redeb misalnya, pihak sekolah sengaja membatasi jumlah pengambilan formulir pendaftaran lantaran jumlah pendaftar telah melebih kuota yang ditentukan, yakni 90 orang untuk 3 kelas, sehingga diambil kebijakan pembatasan terlebih setelah melihat animo pendaftar. Sementara, jumlah pendaftar hingga pukul 09.00 Wita hari ini telah mencapai 150 pendaftar. Namun pihak sekolah masih memberikan formulir bagi orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya.

Kepala Sekolah SD 007 Tanjung Redeb, Ngaspin mengatakan PPDB ini tidak dipungut biaya. Calon siswa baru yang diterima nanti hanya wajib membayar biaya perlengkapan sekolah yang telah disediakan pihak sekolah seperti, kostum olahraga, kaos kaki, baju batik, ikat pinggang dan perlengkapan lainya.

“Pengambilan formulir pendaftaran dimulai sejak pukul 07.00 pagi. Dalam tempo beberapa jam saja, jumlah pendaftar sudah mencapai 150 pendaftar dan jumlah tersebut telah melampaui kuota penerimaan kami, yaitu 90 pendaftar,” ungkapnya kepada beraunews.com, Senin (11/7/2016) .

Dijelaskannya, standar penerimaan siswa baru berdasarakan usia 6 tahun terendah dan tak ada tes membaca, menulis dan menghitung (calistung). Sedangkan, seleksi akan diadakan tanggal 16 Juli, pengumuman 18 Juli serta para siswa baru akan mulai turun sekolah tanggal 21 Juli nanti.

“Perlu diingat dan kami sampaikan kepada umum bahwa pendaftaran tidak ada pungutan biaya sepeser pun,” jelas Ngaspin.

Di sekolah lainya, yakni di SDN 002 Tanjung Redeb sudah terpantau sepi sejak pukul 10 pagi. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Dimyanto, selaku penjaga sekolah SDN 002.

“Dari tadi guru-guru sudah pulang sekitar jam 10 pagi. Tadi banyak yang datang mengambil formulir, yang datang itu para orang tua bersama anak-anak mereka,” ungkapnya kepada beraunews.com.

Sementara itu, beberapa warga mengeluh lantaran tidak kebagian formulir. Seperti Linda, warga Jalan Murjani III. Ia mengaku kebingungan lantaran belum mendapatkan formulir. Dirinya telah mendatangi 2 sekolah, namun tak kunjung kebagian formulir dengan alasan formulir telah habis.

“Saya sudah datangi 2 sekolah dan semuanya mengatakan formulirnya telah habis. Saya masih kebingungan dan kecewa lantaran tidak mendapatkan formulir. Besok saya akan kembali mendatangi sekolah lainya untuk mengambil formulir pendaftaran untuk anak saya,” pungkasnya.(ea)