Mahasiswa Berau di Tarakan Merasa di Anak Tirikan

TANJUNG REDEB - Harapan mahasiswa terhadap Pemkab Berau terkait pemberian beasiswa yang belum direalisasikan, terus diungkapkan oleh mahasiswa-mahasiswa Berau khususnya yang menempuh pendidikan di luar daerah.

Seperti yang sebelumnya diungkapkan oleh Pujianto, Ketua Umum Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Berau (KPMKB) Cabang Samarinda, berbagai keluhan mahasiswa diharapkan dapat segera diperhatikan Pemkab.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Guntur, Ketua Umum Forum Pelajar Pemuda dan Mahasiswa Kabupaten Berau (FP2MKB) Cabang Tarakan.

Menanggapi perihal beasiswa yang telah dijanjikan Bupati Berau, Muharram kepada mahasiswa Berau yang berada di Samarinda, menurut Guntur, sudah sejak beberapa tahun mahasiswa Berau yang menempuh pendidikan di Kota Tarakan belum pernah menerima beasiswa dari Pemkab. Hal ini menurutnya sangat membebankan mahasiswa, sehingga merasa di anak tirikan oleh Pemkab.

"Kami sering mendengar dari kawan-kawan mahasiswa Berau yang kuliah di beberapa daerah lain tentang beasiswa dari Pemkab ini, namun sampai sekarang kami tidak pernah mendapatkan seperti yang didapatkan kawan-kawan di daerah lainnya," katanya kepada beraunews.com melalui sambungan telpon, Sabtu (28/5/2016).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan perhatian pemerintah sangat dibutuhkan oleh mahasiswa, bahkan beberapa kali pihaknya telah mempertanyakan kepada pihak terkait perihal beasiswa, namun tak kunjung mendapat kabar yang memuaskan.

"Sejak saya kuliah di sini, bukan hanya satu dua kali saja pihak kami mempertanyakan soal beasiswa untuk mahasiswa Berau, namun sampai saat ini tidak pernah ada beasiswa apa pun dari Pemkab Berau. Terus terang, kami merasa seperti anak tiri oleh pemkab, sementara yang kerap diutamakan adalah mahasiswa yang kuliah di luar Pulau Kalimantan," keluhnya.

Mewakili lebih dari 100 mahasiswa Berau yang ada di Tarakan, pihaknya berharap Pemkab dapat memberi perhatian yang dapat membuat mereka bisa terbantu dalam menempuh pendidikan di luar kota.

"Kami hanya ingin diperhatikan sebagaimana pemerintah memperhatikan mahasiswa Berau di kabupaten kota lain, sebab terkadang ada beberapa teman yang tidak bisa melanjutkan pendidikan karena terkendala dana dan sebagainya," harapnya.

Namun hingga saat berita ini diturunkan beraunews.com mencoba mengkonfirmasi Bupati Berau, Muharram perihal beasiswa untuk mahasiswa Berau tak kunjung mendapat jawaban.(mta)