Kadisdik: Kalau Komponen Lengkap dan Ada Lahan, Universitas Bisa Didirikan

 

TANJUNG REDEB – Diskusi yang dilakukan HMI Berau dan Dinas Pendidikan (Disdik) Berau beberapa waktu lalu, terkait keinginan untuk pembangunan universitas di Berau, sudah membuahkan hasil.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Berau, Armyn Zulkiflie, saat ditemui beraunews.com, Kamis (04/05/2017) di kantornya, mengatakan setuju dengan apa yang dijadikan bahan diskusi tersebut, akan tetapi tidak serta merta harus terwujud dalam waktu dekat.

“Kami juga menyarankan supaya mereka memfasilitasi untuk mengundang pemangku kepentingan, terutama untuk pendidikan tinggi. Jadi setelah diundang, otomatis mendapatkan penerangan terkait pembangunan universitas ini,” ucapnya.

Armyn juga menambahkan, memang tidak mudah untuk membuat universitas. Terlebih harus mencari dan menyaring dosen yang nantinya akan mengajar di universitas itu, dan juga harus melihat hal-hal penunjang lainnya. Jika membuka universitas, setidaknya harus ada lima fakultas, tenaga pengajar dan guru besar, agar universitas ini nantinya berjalan dengan baik. Karena jika ada salah satu saja komponen yang kurang, maka akan susah.

“Kita juga harus memilih lahan. Akan tetapi jika sekolah-sekolah tinggi yang ada di Berau ini mau menyerahkan asetnya ke pemerintah, tidak menutup kemungkinan itu akan memudahkan untuk percepatan pembukaan universitas,” pungkasnya.

Hal lain juga yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana mematangkan konsepnya, untuk membangun sebuah di universitas di Berau ini.(bnc)

Wartawan: Rama Sihotang/Editor: R. Amelia