HMI Berau Dorong Pemerintah Bangun Universitas

 

TANJUNG REDEB – Beberapa waktu lalu, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Berau, melakukan kegiatan diskusi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Berau. Dalam diskusi tersebut, HMI mendorong sesegera mungkin agar Kabupaten Berau memiliki sebuah universitas.

Dalam kesempatannya menyambangi redaksi beraunews.com, Kamis (04/05/2017) Ketua HMI Cabang Berau, Saidin Saputra menjelaskan, alasan mengapa HMI mau mendorong agar Berau memiliki universitas, yakni tak lepas dari banyaknya putra-putri daerah yang menuntut ilmu ke luar daerah. Alasan lainnya yaitu banyaknya biaya yang dikeluarkan orangtua, dan jarak yang sering menjadi alasan mengapa mahasiswa lantas jarang pulang ke kampung halamannya.

“Sebagai contoh, jika ada mahasiswa yang kuliah di luar Berau, ketika lulus justru bingung apakah harus kembali ke kampung halamannya atau tidak. Jika kembali, apa yang hendak dikerjakan, terlabih mencari kerja juga butuh waktu,” ucapnya.

Selain itu, Saidin juga menambahkan, dengan melihat potensi Berau sendiri, sangatlah  tidak mungkin jika tidak mampu membangun sebuah universitas. Dari potensi SDA saja, Berau sangat mampu memberikan kepastian dana, tinggal bagaimana nanti pemerintah yang mengatur.

“Ke depannya, juga agar tercipta tenaga ahli lulusan dari universitas Berau. Kami juga berharap tidak ada lagi generasi di bawah kami yang bingung ketika mau melanjutkan kuliah,” ucapnya.

Terlepas dari itu, HMI juga merasa iri ketika melihat kabupaten tetangga sudah punya universitas sendiri. Pasalnya, Bulungan sudah membangunnya sebelum lepas dari Kalimantan Timur pada waktu itu.

“Kami dari HMI siap nantinya untuk mengawal sampai dibangunnya universitas,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: Rama Sihotang/Editor: R. Amelia