Disdik Jamin Berau Aman Dari Gangguan Jaringan Saat PPDB

TANJUNG REDEB – Situs Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online di kota besar dalam dua hari terahir diretas oleh orang tak bertanggung jawab (hecker-red). Akibatnya, situs ini pun sejak kemarin sempat down dan tak bisa diakes oleh calon siswa yang ingin mendaftar ke SMA/SMK Negeri.

Seperti yang terjadi di DKI Jakarta, penerimaan peserta didik baru yang dibuka sejak  Kamis, 16 Juni 2016 kemarin sempat down, akibat situs ppdbdki.org  tak bisa di akses oleh para peserta. Hal ini pun membuat penerimaan peserta didik baru di DKI Jakarta harus di undur dari jadwal yang telah ditentukan.

Lalu bagaimana dengan PPDB Online di Kabupaten Berau? Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Berau, Susila Harjaka mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi hal tesebut dengan melakukan koordinasi dengan PT Telkom terkait ketersedian jaringan internet dan keamanan situs selama pelaksanaan PPDB berlangsung. Selain itu, saat ini Berau memang belum melaksanakan PPDB Online.

"Kita tahu di jakarta PPDB online mengalami kendala server down sehingga tidak bisa di akses. Nah meski di Berau belum melaksankan penerimaan, tapi kita sudah antisipasi sejak sekarang, kita berkordinasi sama pihak Telkom agar jaringan internet jangan sampain down,” jelasnya.

Perlu diketahui, kata Harjaka, pendaftaran peserta didik baru berbasis online untuk kabupaten Berau rencananya dibuka dari tanggal 11 Juli hingga 14 Juli mendatang. Pihaknya juga menjamin, jika gangguan server yang terjadi di beberapa kota besar itu tak akan berpengaruh di wilayah berau.

“Saya pastikan selama pelaksaan penerimaan peserta didik baru kita tidak akan mengalami gangguan server,” pungkasnya.(msz)