Minimalkan Kesalahan Kelalaian Siswa, Simulasi UNBK Digelar

 

TANJUNG REDEB – Jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017, ratusan siswa kelas XII pelajar SMA Negeri 1 Berau, melaksanakan simulasi UNBK pada Senin (20/02/2017) dan Selasa (21/02/2017).

Kepala SMAN 1 Berau, Saleh, yang dihubungi beraunews.com, Rabu (22/02/2017) mengatakan, jika sebelum UNBK dilaksanakan pada bulan April mendatang, pihaknya telah melakukan simulasi yang diikuti oleh 176 peserta, terdiri dari 88 siswa kelas XII IPA, 59 siswa kelas XII IPS, dan 19 siwa kelas XII Bahasa.

Meskipun pada tahun 2016 kemarin SMAN 1 telah melaksanakan UNBK, namun para siswa calon peserta UNBK tahun ini belum memahami secara jelas bagaimana sistem dan tata cara pelaksanaan UNBK, sehingga simulasi ini perlu dilakukan sebagai persiapan. Selain simulasi UNBK, pemeriksaan seluruh sarana dan prasarana pendukung apakah berfungsi dengan baik atau tidak, juga dilakukan.

"Yang terpenting adalah kesiapan siswa secara teknis dalam melakukan pengisian UNBK agar pada saat ujian berlangsung, peserta sudah paham cara pengisian dan tidak mengalami kendala. Pada intinya simulasi ini digelar untuk mengecek kesiapan dan uji coba sistem UNBK," ungkapnya.

Dikatakan Saleh, ujian simulasi ini sangat berguna bagi peserta UNBK, agar mereka mengetahui sistem kerjanya nanti, sehingga jangan sampai pada saat ujian justru tidak mengerti sama sekali.

"Simulasi tersebut juga sebagai sarana mempersiapkan mental siswa agar mampu melaksanakan UNBK. Karena pelaksanaan UNBK ini merupakan kali pertama bagi mereka, jadi perlu diberi motivasi supaya tidak ada kecemasan atau kekhawatiran," tambahnya.

Ia pun berharap para siswa peserta UNBK nantinya bisa menyiapkan diri dengan sistem yang ada, agar pada hari pelaksanaan tidak ada kesalahan atau meminimalkan kesalahan akibat kelalaian siswa.

"Mereka harus matang sebelum pelaksanaan ujian, makanya simulasi harus dilakukan dengan baik juga, dan kami bersyukur semua berjalan dengan baik," tandasnya.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia