Jelang UN, Sekolah Tambah Jam Belajar Siswa

 

TANJUNG REDEB – Meski pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP baru akan digelar pada Mei mendatang, namun sejumlah sekolah sejak saat ini telah mulai mempersiapkan para siswanya guna menghadapai UN mendatang.

Di SMPN 14 Berau yang ada di kawasan jalan Cempaka ini misalnya, untuk persiapan menghadapi UN, para pelajar telah rutin mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel) sejak Desember 2016. Kepala SMPN 14 Berau, Retno Kustiyah saat dikonfirmasi mengatakan, jika memang persiapan melaksanakan UN baru mencapai 70 persen. Namun dengan rutin diadakannya Bimbel usai jam pulang sekolah, tentu akan semakin memantapkan kesiapan para siswa.

“Sejauh ini kami sudah melakukan persiapan terhadap siswa yang akan melakukan UN, bahkan penambahan jam belajar yang kami lakukan juga tidak mengganggu jam efektif,” ujarnya kepada beraunews.com, Selasa (21/02/2017).

Dengan diadakannya Bimbel ini, menurut Retno, sapaan akrabnya, tidak mengganggu jam efektif belajar dan tidak ada keluhan, baik dari pelajar sendiri maupun dari wali murid, karena sebelum melaksanakan bimbel, telah berkoordinasi dengan para wali murid.

Nantinya sistem UN tahun 2017 mengalami perubahan dari tahun sebelumnya, hal itu disebabkan karena di tahun ini ada tambahan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Kapan dilaksanakannya UN juga sudah diinformasikan melalui forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

Sementara itu, kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Berau, Armyn Zulkiflie belum bisa memberikan komentar terkait kesiapan untuk menghadapi UN ini, dan hingga kini pun belum diketahui berapa jumlah pasti pelajar SMP yang akan mengikuti UN tahun ini.

“Bapak masih sibuk karena banyak kerjaan, dan jika ingin wawancara, kemungkinan minggu depan baru bisa,” ujar Anton Efendi, staf Tata Usaha Disdik.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia