3 Sekolah di Berau Diusulkan Ikut Adiwiyata Mandiri

 

TANJUNG REDEB – Berdasar surat edaran dari Provinsi Kaltim, terkait akan diadakannya Adiwiyata Mandiri di beberapa Sekolah mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK), Pemkab Berau melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, mengusulkan 3 Sekolah untuk mengikuti Adiwiyata Mandiri tersebut.

Kepala DLHK Berau, Zulkifli mengatakan, pihaknya telah menerima surat edaran tersebut, dan akan mengusulkan beberapa sekolah guna mengikuti Adiwiyata Mandiri, yakni, SD Negeri 021 Tanjung Redeb, SMP Negeri 8 Berau, dan SMK Negeri 1 Berau.

“Kami akan mengusulkan sekolah yang sudah pernah berhasil di Adiwiyata tingkat Nasional. Jadi, yang sudah lolos ini akan lanjut ke Adiwiyata Mandiri,” ungkapnya kepada beraunews.com, Senin (23/01/2017).

BACA JUGA : 44 Sekolah Diusulkan Masuk Adiwiyata Mandiri, Berau 3 Sekolah

Namun, tambahnya, pihak sekolah yang bersangkutan belum mengetahui jika akan diusulkan untuk mengikuti Adiwiyata Mandiri ini.

“Surat edaran dari Provinsi baru masuk, jadi segera akan kami buatkan surat edaran ketiga sekolah itu. Sebab, jika pihak sekolah yang bersangkutan sudah mengetahui, otomatis persiapan yang dilakukan lebih maksimal,” ujarnya.

 

“Syarat mengikuti Adiwiyata Mandiri ini adalah, sekolah yang diusulkan harus membina 10 sekolah lain terkait Adiwiyata. Otomatis, jika ada sekolah yang melakukan pembinaan, hal ini menunjukkan bahwa sekolah itu telah mandiri dalam hal menjaga, merawat dan peduli, dan menjadikan siswa dan semua elemen di sekolah tersebut lebih mencintai lingkungannya,” tambahnya.

Zulkifli berharap, dengan adanya kegiatan ini, pihak sekolah yang telah diberikan pengarahan dan pembekalan terkait Adiwiyata, dapat diaplikasikan, sehingga menciptakan sekolah dan siswa yang berkualitas.

“Semua sekolah yang telah kita didik di Kabupaten Berau ini, semoga memahami arti lingkungan yang sehat dan bersih. Jika sudah dipahami, ini akan berlanjut terus ke sekolah lainnya. Sehingga sekolah khususnya para siswa di Berau ini menjadi anak yang berkualitas,” tutupnya.

 

Terpisah, 3 Sekolah yang diusulkan oleh DLHK Berau yakni, SD Negeri 021 Berau, SMP Negeri 8 Berau, dan SMK Negeri 1 Berau, ketika dikonfirmasi oleh beraunews.com, menanggapi dengan baik apa yang telah dilakukan oleh DLHK Berau. Ketua Tim Adiwiyata ketiga sekolah itu, menyatakan siap untuk mengikuti Adiwiyata Mandiri. Ketua Tim Adiwiyata yang dimaksud adalah Neneng Diana (SD Negeri 021), Ari Suriansyah (SMP Negeri 8) dan Perri Sampe Barra (SMK Negeri 1).(bnc)

Citizen Jurnalis: Catur Indra LP/Editor: R. Amelia