Trio Solehah, Bernyanyi Sambil Berdakwah

 

TANJUNG REDEB – Bernyanyi sambil berdakwah. Itulah yang dilakukan ketiga siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ash Shohwah, yang tergabung dalam grup musik Trio Solehah, untuk menyalurkan bakat menyanyi dengan tetap bernuansa Islami.

Trio Solehah merupakan grup bentukan SDIT Ash Shohwah yang digawangi oleh 3 siswi sekolah tersebut, yakni Yorisa Bintang (11), Novia Pasha (12) dan Naila Fauziah (12).

Berawal dari ajang pemilihan peserta paduan suara yang dilaksanakan di sekolah tersebut, Ika Saputra, guru kesenian sekaligus pelatih Trio Solehah, membentuk grup bernyanyi yang diikuti oleh belasan siswa-siswinya. Dari sekian siswa tersebut, rupanya tersisa hanya 9 siswa yang memiliki minat dan bakat dalam dunia tarik suara.

Terhitung bulan saja, dari 9 siswa akhirnya hanya tersisa 3 siswa yang benar-benar mampu mengikuti proses berlatih dengan sungguh-sungguh. Akhirnya ketiga siswi tersebut yang hingga saat ini mengikuti proses berlatih tarik suara yang tergabung dalam grup Trio Solehah.

Tak hanya sekadar berlatih paduan suara, akhirnya dengan dukungan dari Kepala Sekolah dan beberapa guru lainnya, Ika kemudian memberanikan diri untuk melatih ketiga siswinya tersebut untuk menyanyikan beberapa lagu yang sengaja ia ciptakan untuk Trio Solehah. Mulai dari lagu berjudul Garansi Doa, Jangan Marah Bagimu Surga, Indahnya Kebersamaan, Ku Ingin Mengaji Hari Ini, hingga Kota Berau, yang bercerita seputar keindahan Kabupaten Berau sebagai daerah penuh kekayaan alam.

“Tidak tahu dapat inspirasi dari mana, tiba-tiba saja dengan kemampuan saya bermain piano meski tidak seberapa, akhirnya saya coba melatih mereka bertiga untuk menyanyikan beberapa lagu yang saya ciptakan sendiri. Dengan gaya nasyid, awalnya masih sangat susah melatihnya, namun lama kelamaan mereka sudah mulai bisa mengikuti,” tuturnya saat berkunjung ke redaksi beraunews.com, Minggu (22/01/2017).

Untuk memantapkan keberadaan Trio Solehah, rencananya pada 25 Januari mendatang, Ika beserta Trio Solehah akan melakukan perekaman lagu ke Jakarta. Dalam perekaman tersebut akan dibawakan sejumlah lagu andalan Trio Solehah.

“Sementara ini kami masih akan melakukan rekaman dulu, kalau sudah selesai baru seluruh lagu milik Trio Solehah akan dapat didengarkan langsung oleh masyarakat Berau,” ujarnya.

 

Tidak hanya sebagai grup musik yang mewakili sekolahnya, keberadaan Trio Solehah juga diharapkannya mampu menjadi pembawa dakwah kepada masyarakat Berau yang mendengarkan lagu-lagu mereka. Dengan lirik bernuansa Islami dan sarat akan makna, tak hanya yang mendengarkan, ia juga berharap dakwah tersebut akan sampai pada diri para personel Trio Solehah sendiri.

“Ini bukan hanya sekadar seni, tapi juga ada dakwah di dalamnya. Kami ingin bukan hanya yang menyanyikannya yang mendapat manfaat, tapi juga seluruh pendengarnya,” ungkapnya.

Yorisa, salah satu personelnya mengatakan keinginannya menjadi penyanyi memang tumbuh sejak masih kecil. Bahkan, menyanyi merupakan hobi yang tak bisa dilepaskannya. Begitu pula dengan Novia, dukungan kedua orang tuanya terhadap bakatnya tersebut seolah menjadi pembakar semangat dirinya untuk terus belajar dan berkarya. Sementara Naila, meski tidak sama dengan kedua rekannya, tetap memiliki harapan dan cita-cita yang sama.

“Sebelum melakukan rekaman ke Jakarta, kami sudah terus berlatih dan menjaga pola makan kami agar suara tetap terjaga dan tidak mengecewakan nantinya. Semoga terus lancar dan dapat menjadi salah satu yang memberikan warna bagi Berau khususnya dalam dunia musik,” harapnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia