Bupati Tegaskan Pegawai Harus Rajin Membaca

 

TANJUNG REDEB – Bupati Berau Muharram, meminta kepada seluruh lapisan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di lingkungan Pemkab Berau, untuk lebih rajin belajar dan membaca.

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan pada kegiatan mutasi sekaligus pelantikan ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) jilid III, di gedung serbaguna Pemuda dan Olahraga, Tanjung Redeb, Kamis (12/01/2017).

Menurutnya, saat ini minat baca para pegawai masih sangat kurang. Maka itu, perlu diciptakan budaya membaca di setiap lingkungan kerja demi peningkatan kualitas pegawai.

"Saya lihat saat ini minat untuk membaca, khususnya para pegawai masih sangat minim sekali. Masih banyak yang malas. Padahal, dengan membaca dan mempelajari hal-hal baru melalui bacaan, itu akan sangat menambah wawasan dan pengetahuan," ujarnya.

Selain itu, imbauannya ini juga merupakan langkah untuk memberikan jalan kepada para pegawai dalam mengeksplorasi kemampuannya. Sebab saat ini, ia menyebutkan para pegawai hanya terpaku pada rutinitas harian saja.

"Rata-rata pegawai tidak mau mengembangkan kemampuan yang mereka miliki, hanya terpaku pada kegiatan yang itu-itu saja. Jadi, hal itu kadang membuat cara berpikir cenderung stagnan. Itu sangat tidak sehat untuk para pegawai, sebab kita dituntut untuk selalu inovatif dalam segala hal," katanya.

Ia pun sangat mengharapkan kedepannya para pegawai yang bekerja di lingkungan SKPD Pemkab Berau, dapat meluangkan waktunya setiap hari untuk membaca segala sesuatu yang bisa bermanfaat. Ia juga berharap, seluruh pegawai mampu menciptakan inovasi-inovasi yang dapat mempermudah pekerjaan sekaligus mengefisiensi waktu yang digunakan.

"Semua pegawai harus kembali menghidupkan budaya membaca. Kita bisa menjadi contoh bagi masyarakat, apabila kita sudah melakukan. Mari kita hidupkan budaya membaca, walaupun sedikit namun terus dibudayakan, pasti akan bermanfaat," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia