Warga Merasa Minta Dibangunkan SMK

 

KELAY – Momen pesta adat meja panjang di Kampung Merasa, Kecamatan Kelay yang dihadiri Bupati Berau Muharram rupanya dimanfaatkan dengan baik oleh Kepala Kampung untuk menyampikan harapan dan keluhannya selama ini.

Dalam sambutan singkatnya, Kepala Kampung Merasa Efendi Mahudin mengatakan, saat ini masyarakat di kampung yang dipimpinnya sudah mulai melek dengan pendidikan. Namun fasilitas sekolah yang baru sampai tingkat SMP membuat anak-anak enggan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

“Warga kami sudah sangat peduli dengan pentingnya pendidikan, tapi sayang disini sekolah masih sampai SMP, sementara SMK-nya jauh harus ke kota, bahkan ke Kecamatan Kelay. Akibatnya banyak yang putus sampai SMP saja. Jadi kalau bisa, kami warga Merasa meminta untuk dibuatkan SMK sendiri, biar anak-anak kami tidak jauh kalau mau naik ke jenjang SMK,” ungkapnya dihadapan Bupati, Kamis (29/12/2016).

Dikatakannya, dengan hadirnya SMK, selain akan menekan biaya pendidikan, juga akan membuat siswa lebih terampil, karena kejuruan yang disediakan sekolah tentunya akan sesuai dengan keahlian warga Merasa, seperti pertanian dan perkebunan.

“Kenapa kami minta SMK, karena SMK sekolah kejuruan, jadi siswa bisa dididik sesuai dengan keahlian disini,” lanjutnya.

Sementara itu, menyikapi keinginan Kepala Kampung Merasa itu, Bupati Berau Muharram berjanji akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Berau. Menurut Muharram, pembangunan SMK ataupun SMA tentunya akan disesuaikan dengan jumlah peserta didik yang ada.

“Jangan sampai saat kita bangun SMK atau SMA, ternyata siswanya cuma 10, kan sayang sekali. Jadi saya akan coba koordinasikan dengan Dinas Pendidikan terlebih dahulu,“ tutup Muharram singkat.(M.S. Zuhrie)