Dari Patihan Jurnalis IJTI Berau, Wabup : Jurnalis Sangat Membantu Jalannya Roda Pemerintahan

 

TANJUNG REDEB – Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo mengakui jika keberadaan jurnalis sangat penting dalam perkembangan daerah. Dengan fungsi pembatasan sosial, jurnalis menjadi salah satu ujung tombak untuk membangun suatu daerah.

“Wartawan tanpa negara itu tidak apa-apa, tapi kalau negara tanpa wartawan ini yang berbahaya. Karena tidak akan ada yang membatasi gerak negara jika memang melenceng dari aturan yang ditetapkan. Ibarat mobil kan harus ada remnya, jadi kalau salah ada yang kritik,” ujar Agus Tantomo saat membuka workshop pelatihan jurnalistik garapan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Berau di Kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) Berau, Senin (19/12/2016).

Menurutnya, saat ini perkembangan sosial media sangat memprihatinkan. Dengan berbagai tulisan mengarah kepada isu Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) yang diposting oknum tak bertanggung jawab. Ia mengarahkan, khusus untuk masyarakat Berau yang memang memiliki bakat menulis, bisa disalurkan lewat media cetak, online atau elektronik.

“Lebih baik kita menulis di media saja dari pada membuat hal-hal jelek di akun sosial media,” tegasnya.

 

Ia juga mengingatkan, agar jurnalis tetap menjaga tugas dan tanggung jawab dalam memberitakan kejadian di lapangan, sesuai dengan fakta yang ada. Karya yang bijaksana, disampaikan Agus Tantomo bisa membuat perubahan yang sangat signifikan di tengah masyarakat.

“Kalau jadi wartawan memang harus cerdik kita, punya teknik dan strategi dalam menggali informasi. Tapi informasi yang ada bisa dirubah menjadi baik atau jelek, satu atau dua kata saja hilang atau ditambah, maka membuat makna menjadi berbeda hingga akhirnya terjadi ketidakstabilan. Ini perlu disikapi dengan bijak,” sambungnya.

 

Dengan banyaknya jurnalis-jurnalis baru yang akan dicetak, Agus Tantomo menginginkan agar bisa menjadi amunisi baru dalam membantu pemerintah meningkatkan perkembangan daerah. Apalagi saat ini pemerintah membutuhkan peran serta seluruh pihak dalam mengembangkan pariwisata melalui berbagai promosi.

“Saya mengakui bahwa peran jurnalis yang ada di Berau saat ini sangat membantu saya dalam menjalankan roda pemerintahan. Dengan adanya tambahan lagi, saya optimis perkembangan daerah bisa menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.

Workshop pelatihan jurnalistik garapan IJTI Berau itu mulai digelar Senin (19/12/2016) hari ini hingga besok Selasa (20/12/2016), dan diikuti puluhan peserta dengan menghadirkan pemateri yang berasal dari jurnalis televisi swasta.(M.S. Zuhrie)