Astaga!!! Tak Ada Kursi, Siswa SMKN 8 Terpaksa Ujian Melantai

 

TALISAYAN – Puluhan siswa SMK Negeri 8 Berau terpaksa mengikuti ujian sekolah di lantai, lantaran sekolah tak memiliki kursi dan meja. Bahkan, kondisi tersebut dirasakan siswa sejak sekolah yang terletak di Kampung Bumi Jaya Kecamatan Talisayan itu dibangun beberapa tahun silam. Tak cuma siswa, para guru pun mengalami hal sama. Di kelas tempat mereka mengajar, tak ada kursi dan meja.

“Ini sudah lama, sejak sekolah ini ada. Nasib kita seperti ini, fasilitas belum sempurna, jadi kita belajar dengan seadanya karena tidak ada kursi meja, ya kita belajar di lantai saja,” ungkap seorang guru yang enggan disebutkan namanya, Selasa (7/12/2016).

Berbagai upaya telah dilakukan pihak sekolah, bahkan sekolah berusaha meminjam meja maupun kursi bekas dari sekolah lain, namun belum mencukupi. Sebagian siswa terpaksa membuat meja sendiri karena tak tahan harus menulis dengan membungkuk.

“Murid-murid kami kerap mengeluh merasa pegal-pegal saat proses belajar mengajar. Kondisi ini membuat siswa tidak nyaman dan sulit untuk berkonsentrasi, apalagi sekarang lagi ujian, sudah pasti tidak nyaman sekali,” jelasnya.

Rohul, salah seorang siswa mengatakan, meski tak ada meja dan kursi, mereka tetap semangat untuk belajar. Dia menyebut, ada beberapa siswa yang menulis di atas paha dan punggung temanya. Hal itu diakui Rohul telah berlangusng sejak lama.

“Mau tidak mau kita begtu karena memang kondisinya begitu. Meski kita tetap semangat belajar, tapi kita juga berharap agar kami segera punya meja dan kursi yang layak,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Kabid Sarpras) Dinas Pendidikan Berau, Nanang Bakran saat dikonfirmasi beraunews.com, sedang tidak berada di tempat untuk dimintai keterangan dan penjelasan terkait hal tersebut. Pernyataan dari Nanang Bakran akan dimuat dalam berita selanjutnya.(M.S. Zuhrie)