PT Pertamina (Persero) Bantu Dua PAUD di Berau

 

TANJUNG REDEB – PT Pertamina (Persero) menjadi salah satu perusahaan yang sangat aktif menjalankan program pemberdayaan masyarakat dalam upaya membantu peningkatan pembangunan. Melalui program Small Medium Enterprise (SME) and Corporate Social Responsibility (CSR) Partnership Program atau lebih dikenal dengan sebutan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan).

Seperti yang dilakukan di Kabupaten Berau, salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia ini memberikan bantuan kepada 2 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Melalui PT Pertamina Balikpapan, 2 PAUD mendapat bantuan yang merupakan program bina lingkungan. Kedua PAUD ini yakni, PAUD Bunga Bangsa di Jalan Raya Bangun RT 15 (Perum BTN) Kecamatan Sambaliung dan PAUD Mutiara Bangsa di Jalan Manunggal Kecamatan Tanjung Redeb.

Untuk PAUD Bunga Bangsa, bantuan yang diberikan PT Pertamina Balikpapan berupa pembangunan renovasi gedung, sementara PAUD Mutiara Bangsa diberikan bantuan fasilitas belajar mengajar. Bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat serta kemajuan bangsa. Mengingat, tongkat estafet pembangunan bakal dilanjutkan oleh generasi muda yang dimulai dari pendidikan usia dini.

Manager CSR Pertamina, Prawito mengatakan, selain kewajiban PT Pertamina seperti diatur dalam Permen 05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan, bantuan yang diberikan ini juga merupakan bentuk kepedulian Pertamina terhadap kemajuan bangsa. Dimana setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah penyaluran dana untuk program ini.

“Kita ingin pemeratan pendidikan dari tingkat bawah itu dapat dirasakan oleh semua masyarakat melalui kesempatan ini Pertamina sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar ingin mewujudkan itu,” jelasnya.

 

Tak hanya di Kabupaten Berau saja, bantuan yang diberikan ini juga merata di setiap daerah di Indonesia. Selain program bina lingkungan, PT Pertamina juga rutin menjalankan program kemitraan yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Pertamina agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di sekitar wilayah operasi Pertamina.

Program ini sendiri mendapat dukungan dari Ketua Yayasan PAUD Bunga Bangsa, Sakirman. Menurutnya, program yang menyasar pendidikan ini harus didukung penuh, apalagi dimulai dengan anak-anak usia dini. Dimana, generasi yang dihasilkan akan menjadi penerus dalam pembangunan bangsa. Sehingga, pondasi dari anak-anak usia dini ini harus mulai diperkuat dari sekarang.

“Saya sangat berterima kasih atas kepedualian Pertamina. Tentu program positif ini harus kita dukung, kedepannya dapat menjadi modal dalam menghasilkan generasi-generasi muda yang unggul dan berdaya saing,” tandasnya.(M.S. Zuhrie)