Program Beasiswa Pemkab Baru Sebatas Wacana

TANJUNG REDEB – Keluhan mahasiswa Berau terkait tak adanya program beasiswa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, akhirnya ditanggapi Kepala Sub Bidang Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Berau Mukri, saat ditemui beraunews.com, Kamis (9/6/2016).

Disampaikannya, program pemberian beasiswa dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dikategorikan sebagai beasiswa Pemkab tersebut memang tidak pernah ada. Namun pihaknya mengaku, tetap ada dana yang diberikan untuk pelajar maupun mahasiswa, yang sifatnya bantuan sosial (bansos) bagi kalangan tidak mampu.

“Selama ini dana yang diberikan untuk pelajar maupun mahasiswa itu bukan bersifat beasiswa, tetapi lebih ke bantuan sosial bagi yang tidak mampu. Terakhir kalau tidak salah tahun 2013, bansos itu kami berikan. Setelah itu dihentikan karena ada beberapa hal yang mengharuskan dihentikan. Nah, kalau beasiswa dari Pemkab itu memang tidak ada programnya,” ungkapnya.

Namun meski tidak ada program beasiswa dari Pemkab tersebut, pada tahun 2016 ini dikatakannya, pemerintah provinsi melalui Dinas Pendidikan telah sejak lama membuka pendaftaran bagi pelajar maupun mahasiswa kurang mampu untuk mendapatkan beasiswa Kaltim Cemerlang.

“Kalau untuk beasiswa itu ada beasiswa Kaltim Cemerlang khusus yang tidak mampu dan harus dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu supaya tidak salah sasaran. Untuk pendaftarannya bisa melalui online, kemudian nanti berkas-berkasnya masuk ke kami. Untuk perguruan tinggi kita dapat kuota sebanyak 52 orang saja untuk perguruan tinggi, sisanya adalah untuk SD, SMP dan SMA,” jelasnya.

Terkait beasiswa dari Pemkab yang memang tidak pernah diprogramkan sejak dahulu, ia menuturkan, saat ini ada wacana dari Pemkab menganggarkan APBD untuk menjalankan program beasiswa untuk mahasiswa Berau yang menempuh pendidikan di dalam daerah maupun di luar daerah.

“Untuk beasiswa kepada mahasiswa Berau, saat ini memang sudah ada wacana untuk diprogramkan dari APBD. Tapi ya namanya wacana, itu bisa jadi terlaksana bisa jadi sebaliknya. Jadi kita tinggal menunggu saja nanti apakah beasiswa dari Pemkab akan diprogramkan apa tidak,” tandasnya.(dws)