Berau Expo Jadi Lahan Tugas Pelajar dan Mahasiswa

 

TELUK BAYUR – Puluhan pelajar dan mahasiswa memanfaatkan Berau Expo 2016 sebagai lahan pembelajaran dan menambah wawasan. Hal itu terlihat saat gelaran Berau Expo sejak pembukaan pertama yang dipenuhi dengan pelajar dan mahasiswa yang mengamati satu per satu stand Expo.

Dikatakan salah seorang mahasiswa perguruan tinggi yang ada di Tanjung Redeb, Apriani, keberadaan Berau Expo yang dimanfaatkan sebagai lahan belajar juga merupakan tugas dari dosen. Namun dirinya mengaku sangat senang melaksanakan tugas tersebut, dengan pertimbangan suasana Berau Expo yang menyenangkan.

“Ya, sejak hari pertama Expo memang beberapa dosen menugaskan mahasiswa untuk mengamati Expo sebagai syarat untuk mendapatkan nilai dari salah satu mata kuliah. Tugas seperti ini sangat menyenangkan, karena di Expo kami bertugas mewawancarai salah satu stand, dan itu menambah pengalaman kami,” ungkapnya kepada berauunews.com saat ditemui di salah satu stand Berau Expo, Senin (19/9/2016).

 

Dikatakan mahasiswa lain, Asriansyah, keberadaan Berau Expo yang dimanfaatkan mahasiswa dan pelajar untuk melakukan penelitian maupun pengamatan, merupakan salah satu dampak positif Berau Expo kepada masyarakat. Melalui stand yang ada, baik milik swasta maupun SKPD, banyak hal yang bisa dipelajari dan dijadikan bahan diskusi, baik di sekolah maupun di kampus.

“Jadi kita ke Expo bukan sekadar jalan-jalan saja, ada banyak hal yang bisa kita jadikan pelajaran. Semua yang ditampilkan juga ilmu untuk kita. Apa yang belum pernah kita ketahui, disini bisa jadi tahu. Sangat bermanfaat dan menyenangkan,” ucapnya.

Tidak jauh berbeda dengan kedua mahasiswa tersebut, Melani, salah seorang pelajar SD di Tanjung Redeb, juga ditugaskan oleh gurunya untuk mengamati stand Perpustakaan Daerah yang berdiri di Berau Expo.

“Kami diminta untuk mengunjungi stand yang ada di Berau Expo, dan perpusda ini jadi pilihan, karena disini disediakan banyak buku yang bisa kami baca di stand atau dipinjam bawa pulang,” tandasnya.(Marta)