Meriahnya Lomba Tradisonal Garapan KNPI

TANJUNG REDEB – Untuk membangkitkan kembali minat dan kepedulian pemuda dalam melestarikan kebudayaan Indonesia terutama terkait permainan tradisional, DPD KNPI Berau menggelar perlombaan beragam permainan tradisional di Lapangan Pemuda, Tanjung Redeb, Minggu (28/8/2016).

Kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 08.00 Wita hingga selesai tersebut juga sebagai peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-71. Berbagai permainan tradisional yang diperlombakan antara lain lomba bakiak, engrang, tarik tambang, gigit sendok, balap karung, hingga makan kerupuk. Selain itu, lomba modern seperti kuis rangking 1, sepeda hias, menari dan fotografi.

Tak hanya menggelar lomba, DPD KNPI Berau juga merangkul seluruh pemuda yang tergabung dalam komunitas sosial dan musik untuk menampilkan kreativitas mereka, terutama dalam bidang seni musik yang disatukan dalam parade musik.

Aksi sosial donor darah juga dilakukan KNPI Berau bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai bentuk kesadaran berbagi kepada yang membutuhkan. Meski stan donor darah hanya dibuka setengah hari saja, namun tak mengurangi antusias pemuda untuk melakukan kebaikan sosial tersebut.

“Kami pikir acara bisa selesai sampai jam 12, ternyata peminat dan antusias masyarakat khususnya sekolah-sekolah dalam mengikuti kegiatan sangat luar biasa, jadi molor sampai jam 2 baru selesai pendaftaran. Dari 20 orang anggota yang mendaftar sebagai pendonor, hanya 50 persen saja yang memenuhi syarat donor,” ungkap Ketua Panitia, Syaprudin.

Ketua DPD KNPI Berau, Sakirman dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut sengaja dirancang untuk menumbuhkan semangat anak muda untuk membangkitkan kembali permainan tradisional yang saat ini sudah mulai terkikis oleh gadget.

“Salah satu tujuan kita mengadakan kegiatan seperti ini agar pemuda kembali flashback ke zaman dulu, dimana gadget belum mendominasi. Apalagi kita tahu gadget yang mayoritas menjadi mainan anak muda sekarang sangat jauh berbeda dengan permainan tradisional yang bisa menjadikan satu sama lain menjadi dekat dan kompak,” jelasnya.

Antusias masyarakat terhadap kegiatan tersebut, dikatakan Sakirman, menjadi motivasi bagi KNPI Berau untuk menjadikan kegiatan tersebut sebagai agenda rutin yang akan dilaksanakan setiap tahun. Terkait banyaknya kekurangan maupun kesalahan yang mungkin dilakukan panitia pelaksana, ia juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.

“Ke depan kita akan terus evaluasi dan memperbaiki apa yang kurang dari kegiatan ini agar semakin baik dan mantap lagi. Kita berharap tahun-tahun selanjutnya masih bisa mengadakan kegiatan semacam ini dengan peserta yang lebih banyak lagi,” ujarnya.

Bupati Berau Muharram melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Suprianto, kegiatan yang dilaksanakan DPD KNPI Berau merupakan kegiatan positif yang dapat memberikan warna baru bagi pemuda pemudi Berau.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pemuda agar aktif terlibat dalam kegiatan sejenisnya agar terhindar dari kegiatan yang tidak terpuji bahkan memberikan dampak buruk dalam pergaulan mereka.

“Tidak hanya sebagai formalitas belaka, dari kegiatan ini kita sangat berharap ada bibit-bibit pemuda yang harus digali potensinya, dibangkitkan kembali semangatnya,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga berharap agar DPD KNPI Berau selaku organisasi kepemudaan agar dapat mendengarkan dan menampung aspirasi pemuda dengan langsung bertatap muka.

“Semua harus terlibat. Semoga kegiatan ini semakin mengasah dan merangsang kreativitas pemuda agar bisa terus berkesinambungan,” tandasnya.(Marta)