SKT KNPI 5 Hari Lagi Terbit

TANJUNG REDEB – DPD KNPI Berau bersama Majelis Pemuda Indonesia (MPI) KNPI Berau dan sejumlah Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) berkunjung ke Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Berau.

Kedatangan mereka hanya dengan satu tujuan, yakni mendaftarkan kepengurusan KNPI periode 2016-2019. Kedatangan mereka disambut hangat Kepala Bidang Politik Dalam Negeri (Poldagri) Kesbangpol Berau, Andi Sari Berlian

Ketua KNPI Berau, Sakirman yang ditemui beraunews.com dilokasi mengatakan, meskipun secara administrasi KNPI telah terdaftar di pusat, namun tetap juga harus terdaftar di Kesbangpol Berau guna mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT). Hal tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 17/2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan maupun dalam Permendagri Nomor 33/2012 tentang Syarat-syarat Pendaftaran Organisasi Kemasyarakatan.

"Kita datang bersama pengurus KNPI, MPI maupun beberapa OKP untuk mendaftarkan kepengurusan DPD KNPI Berau ke Kesbangpol. Tujuanya satu, agar KNPI terdaftar sah dan dapat menjadi mitra pemerintah," ungkapnya kepada beraunews.com.

BACA JUGA : Jelang Musda, Kesbangpol Minta KNPI Berau Segera Terdaftar

Dalam pendaftaran ke Kesbangpol, sejumlah persyaratan yang dibutuhkan diakui Sakirman telah terpenuhi, mulai akta notaris, foto copy SK Kemenkumham, SK KNPI Berau dari provinsi serta sejumlah dokumen lain.

"Alhamdulilah syarat sudah lengkap, sesuai ketentuan Kesbangpol," imbuhnya.

Sementara, Andi Sari Berlian mengatakan, kedatangan KNPI ini sangat positif sekali, setelah sebelumnya datang meminta sejumlah persyaratan sekarang mereka datang kembali sudah membawa persyaratan yang diperlukan.

"Ini syarat-syaratnya sudah lengkap semua. Saya apresiasi sekali, setelah sekian lama akhirnya KNPI mau mendaftarkan diri juga," ungkapnya.

BACA JUGA : KNPI Berau Datangi Kesbangpol

Dikatakan Berlian, usai penyerahan berkas persyaratan, masih terdapat sejumlah tahapan yang harus dilakukan, seperti survei kantor sekretariat dan rumah Ketua KNPI. Survei dilakukan guna memastikan KNPI memiliki kantor, sehingga tak menjadi organisasi abal-abal.

"Habis survei kantor sekretariat, baru kita bisa proses untuk mendapatkan SKT. Kalau semua telah selesai, maksimal 5 hari SKT terbit," pungkasnya.(msz)