KNPI Upayakan Peremajaan Gedung Pemuda

TANJUNG REDEB – Menyikapi kondisi gedung pemuda yang selama ini terbengkalai hingga nyaris ambruk, Ketua KNPI terpilih periode 2016-2019, Sakirman angkat bicara. Menurutnya Gedung KNPI atau Gedung Pemuda itu sudah saatnya diajukan peremajaan lagi, sehingga dapat difungsikan kembali seperti sebelumnya.

"Saya rasa itu sudah harus diremajakan lagi, ini kan gedung pemuda masa dibiarkan begitu saja. Apalagi, pemerintah memang bertanggung jawab juga dengan pembinaan pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Nah, jika pemuda tak punya tempat untuk beraktualisasi bagaimana coba," tanyanya saat berbincang dengan beraunews.com, Minggu (17/7/2016).

Dikatakakannya, mengingat arti penting gedung pemuda itu, maka dirinya bersama pengurus akan berupaya maksimal memperjuangkan peremajaan gedung tersebut melalui Pemkab. Namun, dirinya tak menjanjikan kapan dapat terwujud. Sebab, baginya peremajaan gedung pemuda ini memerlukan perencanaan yang matang dan tentunya anggaran yang tak sedikit.

"Kami upayakan gedung pemuda ini akan diremajakan kembali, sebab ini aset seluruh pemuda Berau. Pemkab dan Pemkot lain di Kaltim saja sudah pada membangunkan gedung pemuda atau yang lebih akrab disebut graha pemuda, masa Berau tak bisa. Tapi kita juga harus memaklumi, proses peremajaan ini tentunya butuh proses karena harus direncanakan sematang mungkin," bebernya.

Terkait cabang olahraga renis meja yang memanfaakan gedung pemuda sebagai sarana berlatih, Sakirman mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Cabang Berau.

"Untuk cabor tenis meja yang memanfaatkan gedung pemuda sebagai tempat berlatih, kita pastinya akan koordinasi dulu kepada pengurus cabornya. seperti apa baiknya. supaya mereka tetap bisa berlatih," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, gedung pemuda yang berada di Jalan  S.A Maulana itu kondisinya sungguh memprihatinkan. Dilihat dari berbagai sudut, bangunan gedung yang pernah menjadi gedung kebanggaan tokoh pemuda Berau di era 90-an itu, kini dipenuhi lubang dan rusak berat akibat tak pernah dirawat. Selain menjadi gedung KNPI, ternyata gedung pemuda juga merupakan gedung bersejarah, karena sempat menjadi salah satu gedung perfilman di Berau.

Diketahui, gedung milik KNPI itu sudah tak lagi terusus sejak KNPI di bawah kepemimpinan Mansyah Kelana (Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Berau) berakhir.(msz)