Gedung Pemuda, Nasibmu Kini

 

TANJUNG REDEB – Gedung Pemuda yang berada di kawasan Jalan  S.A Maulana, Tanjung  Redeb saat ini kondisinya sungguh memprihatinkan. Dilihat dari berbagai sudut, bangunan gedung yang pernah menjadi gedung kebanggaan tokoh pemuda Berau di era 90-an itu, kini dipenuhi lubang dan rusak berat akibat tak pernah dirawat.

Penjaga gedung Pemuda, Hasan Basri mengatakan, gedung Pemuda yang juga merupakan gedung milik KNPI itu diakuinya sudah tak lagi terusus sejak KNPI di bawah kepemimpinan Mansyah Kelana (Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Berau) berahir. Akibatnya, saat ini gedung Pemuda yang menjadi gedung kebanggan KNPI Berau itu rusak parah.

“Saya menjaga gedung ini sejak tahun 1997. Gedung ini dikelola KNPI, dan pada masa itu gedung ini menjad gedung andalan KNPI dan kerap dijadikan tempat untuk acara-acara besar. Tapi setelah kepemimpinan Mansyah Kelana berahir tahun 2000-an, gedung ini tak terurus sampai sekarang. Lihat rusak parah bolong sana, bolong sini, ini dindingnya saja kalau disenggol sedikit ambruk,” ungkapnya saat ditemui beraunews.com, Sabtu (16/7/2016).

Selain menjadi gedung KNPI, ternyata gedung Pemuda ini sebelumnya merupakan gedung bersejarah, karena sempat menjadi salah satu gedung perfilman di Berau. Hasan yang menjaga bangunan tersebut mengaku hanya menjaga tanpa digaji. Sebab, diakuinya dirinya juga memang sengaja menempati bangunan tua tersebut karena tidak memiliki tempat tinggal.

“Gedung ini sebetulnya sangat bersejarah, tapi ya gini sayang tak terurus. Sayang sekali, gedung ini dibiarkan ,” bebernya.

Dikatakannya, sempat  tersiar kabar jika pengurus KNPI Berau akan mengajukan usulan renovasi gedung pemuda ini, namun hingga saat ini rencana tersebut tak kunjung terealisasi. Menurutnya, pengurus KNPI sebelumnya sempat menyampaikan bakal melakukan renovasi. Sementara setelah ada pengurus baru, Hasan belum mengetahui rencana terhadap kelanjutan gedung tersebut.

Saat ini gedung  pemuda yang hampir 90 persen rusak parah tersebut masih bisa dimanfaatkan oleh sejumlah cabang olahraga di Berau, salah satu yang memanfaatkan gedung ini seperti Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Cabang Berau.

“Tapi walau gedung Pemuda ini sudah tinggal nunggu ambruknya saja, masih bermaanfaat sedikit buat teman-teman cabang olahraga tenis meja, setiap sore lokasi ini di pakai untuk berlatih tenis meja, ya walau kadang pas hujan lebat mereka harus berheti berlatih karena bocor sana sini,” tutupnya.(msz)